Lezatnya Gogos Tuna Ibu Vera, Berawal dari Coba-coba

Terkini.id, Makassar – Verawati Loo, awalnya cuma coba-coba membuat gogos isi tuna untuk dijual.

Dia tak menyangka, penganan buatannya itu laris manis dibeli orang-orang dekatnya.

Hingga kini, Gogos Tuna by Ibu Vera sudah punya tiga cabang di Makassar, antara lain di Jalan G Lompobattang (depan Sop Konro), di Trans Studio Makassar dan Jalan Bandang).

Gogos Tuna by Ibu Vera awalnya dibuat cuma untuk konsumsi keluarga.

“Saya rintis usaha ini tahun 2013. Awalnya saya buat gogos itu cuma untuk suami dan mertua saja. Mereka sangat suka,” cerita owner Gogos Tuna Ibu Vera, yakni Verawati Loo, Kamis 14 November 2019.

Meskipun tidak terlalu suka makan gogos, namun Vera memang hobi memasak dan meracik bumbu masakan.

Kepada terkini.id, selain untuk suami dan mertua, dia juga membuat gogos untuk disuguhkan kepada teman-teman yang datang bertamu ke rumahnya.

Lalu, muncul saran untuk mulai jualan gogos tuna tersebut. Vera awalnya cuma membuat hingga 7 kilogram, namun dalam beberapa jam sudah ludes terjual.

“Awalnya, bapak (suami) yang suruh bikin gogos. Untuk dikonsumsi bersama keluarga. Lalu kalau ada tamu yang datang, bapak sering suruh buat untuk disuguhi tuna ini,” cerita Vera kepada terkini.id, Kamis 15 November 2019.

Tak disangka, respon teman-temannya luar biasa. “Di luar dugaan. Ada yang sampai pesan 100 biji untuk dia bawa pulang ke Surabaya,” ceritanya.

Vera menceritakan, saat sudah banyak yang memesan, dia sebenarnya masih malu untuk menjual gogos tuna tersebut.

“Ada (teman) yang sampai marah karena kami tidak mau buatkan (gogos tuna). Itu karena kami masih belum percaya diri dengan rasa dan tampilannya,” cerita dia.

Namun, karena melihat keseriusan para pelanggannya itu, dia pun mulai membuat dan memproduksi dalam jumlah banyak.

Harga Rp 12.000

Vera mengaku gogos tuna yang dia buat menyasar semua kalangan masyarakat khususnya mereka yang suka makanan kekinian.

“Kita jual dengan harga Rp 12 ribu per biji,” jelas dia.

Konsisten Menjaga Kualitas Rasa

Karena kami kalau ada satu jenis rempah saja yang tidak ada karena mungkin stoknya habis, maka kami lebih memilih stop produksi dulu.

Salah satu kunci sukses Ibu Vera sehingga bisa membuat gogos tuna produknya laris manis, adalah prinsip untuk selalu jujur dan konsisten.

“Kita konsisten menjaga rasa khas jualan kita. Itu sudah menjadi bagian dari kejujuran dan konsistensi untuk membangun hal-hal yang lebih besar,” ceritanya.

Vera mengungkapkan, untuk menjaga kualitas rasa, dia selalu memastikan agar rasa gogosnya tidak berubah. Bumbunya harus lengkap, tidak boleh ada yang kurang.

“Karena kami kalau ada satu jenis rempah saja yang tidak ada, karena mungkin stoknya habis maka kami lebih memilih stop produksi dulu. Itu karena prinsip untuk konsisten menjaga rasa khas dari gogos tuna kami,” ceritanya.

Suka Duka Membangun Usaha Gogos

Vera sudah kurang lebih 6 tahun menjalankan usaha Gogos Tuna tersebut.

Vera pun menceritakan berbagai suka-dukanya.

“Kadang suatu waktu pesanan gogos terlalu banyak sementara kita kekurangan SDM. Akhirnya saya minta bantuan asisten rumah tangga saya untuk membantu. Tapi saya paling senang sekali kalau ada yang mau beli untuk dibawa pulang ke daerah atau kampungnya. Rasanya jadi kebanggaan tersendiri buat saya, karena gogos tuna ini menjadi oleh-oleh mereka dari Makassar,” katanya.

Biodata Verawati Loo

Lahir: Makassar, 15 November 1968

Pendidikan:
– SDI Tappanjeng Bantaeng
– SMPN Bissappu Bantaeng
– SMAN 1 Bantaeng

Suami: Martono Jinamli

Anak:
Sri Mirayati Jinamli
Fahrudin Jinamli
Nasrudin Jinamli

(Reporter : Supardi)

Berita Terkait
Komentar
Terkini