Lies F Nurdin Imbau Siswa Tetap Bijak Gunakan Plastik

Lies F Nurdin.

Terkini.id — Ketua TP PKK Sulsel, Lies F Nurdin mengimbau siswa SMP dan SMA/SMK untuk lebih peduli terhadap lingkungan dengan bijak menggunakan plastik.

Hal itu bertujuan untuk mengurai persoalan lingkungan disertai upaya yang dapat dilakukan untuk meminimalisir persoalan yang timbul.

“Kita harus menunjukkan kepedulian, semangat dan tanggung jawab dalam mewujudkan lingkungan sehat dan bersih, dengan mengelola sampah yang bisa dilakukan dengan cara paling sederhana, yakni dengan memilih sampah, sampah organic bisa menjadi kompos, membuat kreasi daur ulang dari sampah non-organik,” terang Lies F Nurdin pada Webinar Tingkatkan Kesadaran Siswa Menjaga Sungai, di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Kamis 9 Juli 2020.

Lies menyebutkan, persoalan utama masyarakat dunia saat ini adalah pada produksi sampah plastik yang mencemari lingkungan baik di darat maupun laut dan mengancam kehidupan biota laut serta menjadi penyebab bencana alam.

“Plastik menjadi persoalan lingkungan hidup yang dialami negara-negara di dunia, utamanya di Indonesia. Sampah plastik adalah masalah serius yang mengancam bumi, menghambat arus sungai. Ada plastik yang sekali pakai, itu tidak dianjurkan dipakai. Seperti botol minuman mineral water dan keresek, jadi kita sarankan menggunakan botol berkali pakai (tumbler), utamanya di masa pandemi. Bawa masker, cuci tangan, dan bawa tumbler,” terangnya. 

Menarik untuk Anda:

Lies menyebutkan, komitmen pemerintah dalam menghadapi persoalan plastik telah dimuat dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 97 tahun 2017 Peraturan Presiden (Perpres) tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga. Sementara di Sulsel, komitmen ini diperkuat dengan Surat Edaran dari Gubernur Sulsel tahun 2018 Tentang Pengurangan dan Penanganan Sampah, serta Surat Edaran PKK Sulsel 2019 tentang Imbauan Pengurangan Penggunaan Sampah Plastik. 

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Wakil Gubernur Sulsel Minta Bappelitbangda Kontrol Program OPD

Update 19 September, Segini Jumlah Kasus Covid-19 di Sulsel

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar