Masuk

Longwis Zurich Padukan Teknologi Budidaya Tanaman Pangan, Danny Pomanto: Sangat Produktif

Komentar

Terkini.id, Makassar — Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto mengunjungi Lorong Wisata Zurich di Kompleks Dewi Kumala Sari, Kelurahan Tamalanrea, Kecamatan Tamalanrea, Selasa, 4 Oktober 2022.

Danny Pomanto yang baru saja tiba menggunakan jasa Ojol (Ojek Online) langsung mencari kode respon cepat atau QR Code yang berisi informasi umum mengenai Longwis Zurich untuk melakukan pemindaian.

“Kita scan dulu nah. Ah ini mantap Pak Camat,” ucap Danny ke Camat Tamalanrea, Andi Salman Baso.

Baca Juga: Temui Wali Kota Makassar, Anggota DPRD Sulsel Adam Muhammad Sampaikan Aspirasi Konstituennya

Danny Pomanto mengaku terkesan dengan Longwis Zurich yang memadukan teknologi dalam pembudidayaan tanaman pangan oleh warga. Melalui aplikasi, penyiram tanaman bisa diaktifkan.

“Saya pikir inilah contoh perpaduan Metaverse di sejumlah program kita. Cukup pakai aplikasi, alat penyiram bisa menyala dan menyiram tanaman di kebun warga, luar biasa,” ungkap Danny Pomanto.

Produktifitas warga, kata Danny, tidak diragukan lagi. Mereka konsisten membudidayakan cabai, aneka sayur-sayuran baik dengan metode konvensional maupun hidroponik.

Baca Juga: Diserahkan Langsung Menteri Hadi, Pemkot Makassar Terima 8 Sertifikat Aset dari Kementerian ATR/BPN

Bahkan beberapa tanaman, seperti pakcoy dan buah markisa diolah lebih lanjut lalu diproduksi berupa minuman jus. 

“Saya lihat warga di sini sangat produktif, seperti tanam cabai, kembang kol dan pakcoy, ada juga markisa. Ada jus markisa dan pakcoy,” ucapnya.

Tidak hanya itu, Danny juga menyempatkan panen ikan lele bersama warga. Selain ikan lele, di Longwis ini juga membudidayakan lobster air tawar dan ikan nila.

Usai menyantap sop ubi buatan UMKM Longwis Zurich, Danny Pomanto kemudian bergegas menuju titik kunjungan berikutnya di Biringkanaya menggunakan jasa ojol.