Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unhas Bakal Gelar ‘Kosmik Space’, Ini Ragam Kegiatannya

Terkini.id, Makassar – Korps Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Kosmik) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin (Unhas) akan melaksanakan “Kosmik Space” pada 21-23 Februari 2020 mendatang.

Kegiatan ini merupakan ruang yang dihadirkan oleh Kosmik untuk mengapresiasi dan memberdayakan potensi- potensi yang dimiliki warganya.

Kegiatan Kosmik Space mengangkat tema “Realize the Unnoticed”, yang dapat diartikan menyadari hal- hal yang tidak dihiraukan.

Tema tersebut berangkat dari pembacaan kondisi bahwa seringnya kita luput akan hal-hal kecil yang selalu dianggap tak penting.

Padahal, ada makna dan esensi pada hal tersebut seandainya kita memaknainya lebih dalam. Hal yang mungkin saja bagi banyak orang dianggap sepele, tetapi dalam kehidupan justru membawa dampak yang sangat besar, khususnya dalam kajian ilmu komunikasi.

Rencananya, Kosmik Space akan berlokasi di dua tempat yaitu Universitas Hasanuddin dan Bikinbikin Creative Hub, Nipah Mall.

Selain sebagai wadah apresiasi, kegiatan Kosmik Space juga diharapkan dapat menjadi ruang belajar dan tempat bertukar ide serta gagasan bagi para pengunjung.

“Kita hanya melihat dan menyesuaikan segmentasi dari setiap agenda kegiatan. Pameran akan diadakan di Bikinbikin Creative Hub, Nipah Mall karena segmentasinya untuk masyarakat pada umumnya agar bisa melihat karya-karya yang dihasilkan dari warga Kosmik,” ujar Siti Lestari selaku asisten bidang internal Kosmik.

“Sedangkan beberapa talk show diadakan di kampus melihat bahwa pembahasan talk show tersebut sesuai jika dibahas di kampus,” sambungnya.

Agenda utama Kosmik Space adalah gelar wicara (talk show) dan pameran karya.

Talk show akan dimulai sejak hari pertama hingga terakhir yang diisi dengan berbagai pembahasan.

Adapun tema yang diangkat akan beragam, hari pertama dimulai dengan diskusi “Mengenal Era Pasca Kebenaran” sebagai pengenalan terhadap fenomena post-truth, dilanjutkan dengan “Behind the On Air” yang membahas khusus mengenai dapur dunia penyiaran.

Kemudian akan diakhiri dengan pembahasan “Menantang Ruang Gema” yang akan membicarakan mengenai fenomena echo chamber dalam bermedia.

Lalu, membahas pengembangan ide dalam industri kreatif dengan tajuk “Melihat Ide Bekerja”.

Agenda selanjutnya akan membahas konsep Usability dalam desain akan diulas dengan pembahasan “Sesuatu Menyampaikan Sesuatu” di hari kedua.

Hari ketiga akan diisi dengan pembahasan mengenai tren fotografi dalam “Memandang Sudut Pandang”.

Sedangkan pameran karya yang diadakan di Bikinbikin Creative Hub akan memamerkan beragam karya seperti foto, tulisan, desain grafis, kolase, dan karya seni lainnya.

Akan diadakan pula pemutaran film “02:03” serta peluncuran majalah Baruga di situs web issuu.com dan baruga.id.

Ketua Umum Korps Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Taufik Syahrandi, mengatakan bahwa Kosmik Space juga merupakan wadah pewacanaan isu-isu yang terjadi di sekitar kita.

“Semoga wadah ini dapat memantik semangat berkarya warga Kosmik dan mengenalkan proses apresiasi karya dalam bentuk pameran. Selain itu, Kosmik Space bisa menjadi ruang produksi pewacanaan terhadap isu-isu komunikasi sebagai bentuk eksistensi Kosmik sebagai lembaga yang terus membicarakan isu komunikasi yang dinamis,” harapnya.

Citizen Reporter: Wilda

Komentar

Rekomendasi

Mahasiswa Keperawatan Unhas yang Jadi Relawan Pandemi Virus Corona dapat SKS

Ditengah “Badai” COVID-19, LTT Kecamatan Mengkendek Terus Bertambah

Cegah COVID-19, Polbangtan Gowa Lakukan Desinfeksi Berkala

Aliansi Organisasi Unibos Tuntut Kebijakan Kampus Ihwal WTH

Polbangtan Gowa dan Tim Kamtibmas Desa Mappesangka Bone Lakukan Penyemprotan Desinfektan di Kampus II

Tim Satgas Unhas Bikin Pusat Informasi Covid-19

Pandemi Covid-19 Tidak Menyurutkan Semangat Petani Kecamatan Mengkendek Tana Toraja untuk Tanam Padi

PKL di Enrekang dimanfaatkan Mahasiswa Polbangtan Gowa bersama Penyuluh malaksanakan IB dan PKB

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar