Masuk

Mahasiswa Magister Manajemen Universitas Negeri Malang Dampingi UKM Tali Rumpon Mandar

Komentar

Terkini.id, Malang – Mahasiswa Magister Manajemen Universitas Negeri Malang melakukan kegiatan Pengembangan Wawasan Manajerial (PWM) di UKM “Tali Rumpon Mandar (AL-HIKAM)”. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Deddy Ibrahim Rauf, SE.

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan benteng dalam perekonomian Indonesia. Khususnya, keterkaitan antara perkembangan UMKM dengan perekonomian di Indonesia. Peningkatan tersebut tidak jauh dari peran faktor internal dan Eksternal dari setiap UMKM. 

Hari pertama dilakukan pendampingan usaha pada tanggal 24 September 2021. Pada tahap ini dilakukan perkenalan lebih mendalam antara mahasiswa magister manajemen yang melakukan PWM dengan UKM guna mendapatkan pemahaman bersama terkait dengan permasalahan yang dihadapi oleh usaha didampingi, terutama yang berhubungan dengan manajemen pemasaran pada masa pandemi.

Baca Juga: Mahasiswa Magister Manajemen Universitas Negeri Malang Lakukan Pendampingan ke Pemilik Usaha Kafe

Dari diskusi ini, didapatkan hal pokok utama yang menjadi masalah yang dihadapi mitra terutama pada masa pandemi ini yakni pendapatan UKM menurun.

Berdasarkan hal itu, Mahasiswa Magister Manajemen Universitas Negeri Malang, Deddy Ibrahim Rauf mengadakan Pendampingan pada kelompok UKM Tali Rumpon Mandar (Al-Hikam).

“Dengan adanya Pelatihan ini memberikan kemudahan pada UKM dalam peningkatan produktivitas usahanya dan dalam menyelesaikan masalah internal pada UMKM,” ujar Deddy, Senin 4 Oktober 2021.

Baca Juga: Mahasiswa Universitas Negeri Malang Gelar Pendampingan Pembuatan Logo Merek UMKM Uhat KLB

Menurutnya, guna mendapatkan pemecahan permasalahan yang dihadapi, proses pendampingan akan dilanjutkan pada tahap-tahap yang akan dicapai dengan memberikan solusi atas permasalahan UKM.

“Selama proses pendampingan berbagai media sosial dimaksimalkan penggunaannya, salah satu media tersebut yaitu menggunakan aplikasi Whatsapp Business dan Instagram untuk membantu dalam hal branding produk serta berkomunikasi secara berkelanjutan dengan konsumen yang ingin membeli produk tali Rumpon Mandar,” tuturnya.

Menurut salah satu pemilik UKM Tali Rumpon Mandar (Al-Hikam), Ismail, S. Pd. mengatakan bahwa pendampingan ini sangat menarik karena dapat membantu dalam pengenalan produk tali rumpon mandar kepada masyarakat daerah mapun luar daerah melalui media sosial.

“Semoga pendampingan ini mempunyai keberlanjutan yang konsisten agara para pemilik UMKM dapat memahami secara berkepanjangan,” harapnya.

Baca Juga: Mahasiswa UM Lakukan Pengembangan Wawasan Manajerial pada UMKM Bubuk Kopi Robusta

Pendampingan berikutnya akan dilaksanakan setiap pekannya selama 14 kali pertemuan, dimana pada kegiatan PWM ini akan memberikan solusi atas permasalahan utama yang dihadapi oleh UKM pada masa pendemi ini khususnya dibidang pemasaran dalam hal penjualan produk secara online.

Citizen Reporter : Ririn Syaputri