Makanan dan Kuliner Khas Kepulauan Selayar

Tulisan ini adalah kiriman dari Citizen, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Laporkan tulisan
Ragam makanan dan kuliner Pulau Selayar. Gambar/Tribunnews.com

Terkini.id, Makassar – Selain tujuan wisata yang banyak dan indah, Pulau Selayar juga memiliki banyak makanan yang khas.

Dan tidak lengkap rasanya jika anda berkunjung ke Pulau Selayar tanpa mencicipi makanan khas di daerah ini yang sudah menjadi ciri khas tersendiri.

Berikut makanan dan kuliner yang menjadi ciri khas Pulau Selayar

1. Ikan bakar selayar dan nasi santan

Berkunjung ke Selayar tidak sah rasanya jika tidak mencicipi makanan khas kota Benteng Kepulauan Selayar yaitu nasi santan dan ikan bakar.

Menarik untuk Anda:

Nasi santan adalah nasi yang memiliki tekstur yang hampir sama dengan nasi uduk yang terkenal dibanyak tempat.

Tak hanya itu, tempat yang disiapakan untuk menikmati makanan khas ini juga begitu indah yaitu di pinggir pantai Pulau Selayar.

Untuk harga nasi santan komplit dengan ikan bakar biasa berkisar, 15 sampai 20 ribuan tergantung dari ukuran ikan yang anda pilih.

2. Kue Sengkang

Tak hanya makanan berat seperti nasi santan, di Selayar juga ada banyak sekali kue sebagai cemilan, salah satu yang terkenal ialah Kue Sengkang.

Kue Sengkang adalah kue yang berisikan kacang kenari yang berbentuk seperti candi borobudur. Kue ini sudah ada sejak puluhan tahun lalu.

Kue ini sangat unik mulai dari bentuknya yang mirip dengan Candi Borobudur dan juga rasa manis dan gurihnya sangat cocok untuk dijadikan buah tangan untuk keluarga.

Dan bagi anda yang tidak hanya ingin mencicipi kue ini tapi ingin belajar membuat Kue Sengkang, sangat mudah karena alat dan bahannya sangat mudah ditemukan di pasar, yaitu tepung beras dan tepung terigu.

Tapi sebelum dinikmati, kue ini harus dipanggang dengan palako yang terbuat dari tanah liat.

3. Tenteng Kenari

Tenteng Kenari juga merupakan salah satu kue yang menjadi khas tradisional pulau Selayar.

Makanan ini menggunakan bahan kenari karena selayar merupakan penghasil kenari yang cukup banyak, sehingga masyarakat memanfaatkan dengan baik Kenari dengan membuat tenteng Kenari yang sangat digemari baik dari dalam dan luar daerah Selayar.

Selain enak makanan ini juga memiliki nutrisi yang berasal dari Kenari sebagai bahan utamanya, kue ini sangat mudah ditemukan di Selayar dan juga memiliki harganya terjangkau.

4. Roti Eja

Makanan khas Selayar selanjutnya ialah Roti Eja. Roti Eja merupakan salah satu kue yang khas di Selayar.

Warna merah kecoklatan dan tekstur kental merupakan ciri khas dari kue ini. Kue ini dibuat dengan cara dimasak didalam oven.

Untuk bahannya berupa tepung beras dan gula merah sebagai pemanis pada kue.

Untuk menambah cita rasa dari kue ini, biasanya diatas kue ditaburi potongan kacang kenari, kue ini bisa didapatkan di pasar dan juga warung-warung kecil di pinggir jalan.

Namun kue ini tidak bisa bertahan lama jika disimpan, hanya bisa bertahan sekitar satu minggu saja.

5. Haje Banneh

Haje Banneh merupakan kue khas Selayar yang hampir mirip dengan wajik namun bahan yang digunakan berbeda.

Jika wajik menggunakan tepung beras ketan, namun untuk Haje Banneh ini menggunakan bahan dasar ban’ah dalam bahasa Selayar atau lebih dikenal dengan istilah jawawud.

Jawawud adalah merupakan jenis tumbuhan padi namun daunnya sedikit lebih lebar dan memiliki biji yang cukup banyak dan biji inilah yang digunakan dalam membuat Haje Banneh.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

GenBI Sukseskan GGS, Ini Karya Mereka!

Mahasiswa UNM Kecam Pemkab Bone Masalah Perlindungan dan Keselamatan Lingkungan

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar