Makmurkan Masjid 99 Kubah

Firdaus Muhammad. (terkini.id/hasbi) kolom firdaus muhammad
Firdaus Muhammad. (terkini.id/hasbi)

Sahabat saya, pasangan suami-istri asal Bandar Lampung penuh ceria dan bangga berpose di Pantai Losari berlatar masjid 99 kubah dan masjid terapung di kawasan wisata melengenda itu.

Foto-fotonya dibagikan di laman FB yang menggenapkan liburannya di Kota Daeng.

Kedua masjid itu jadi ikon kota Makassar dan Sulsel.

Masjid kubah 99 yang berada di kawasan CPI berdiri megah, disebut-sebut sebagai masjid terunik ke-10 di Indonesia bahkan terunik ke-33 dunia. Demikian penelusuran Dr Hasrullah, Dosen Komunikasi Fisip Unhas yang juga Ketua Yayasan Masjid Nurul Ittihad Kalukuang Tallo, Makassar.

Menurutnya, masjid kebanggaan Sulsel itu harus segera dimakmurkan, perlu membantu pemerintah dengan melibatkan umat.

Menarik untuk Anda:

Menyahuti itu, Dr Hasrul, Wadek III FH Unhas itu menginisiasi Petisi Save Masjid 99 Kubah CPI, beliau serukan dalam petisi, “Wahai umat, ayo lanjutkan pembangunan Masjid 99 Kubah CPI”.

Pesannya sederhana. Petisi itu dalam sekejap langsung diamini lebih seratus orang yang menyatakan dukungan.

Niatan kedua akademisi Unhas itu mengharapkan legacy SYL-Agus itu dituntaskan. Masjid yang dibangun sejak 1 Juni 2017 itu menghabiskan APBD Sulsel sebesar Rp 150 M. Sayang jika pembangunannya tidak dilanjutkan.

Harapannya, masjid ikon kebanggaan umat Islam itu segera difungsikan minimal pada Ramadan tahun 2021 mendatang. Untuk tidak bebani uang negara, petisi itu juga sebagai ajang penggalangan dana. Namun petisi itu masih bersifat moral karena masjid masih dalam pengelolaan Pemprov Sulsel.

Belum ada pengalihan manajemen pengelolaan pada pihak lain.

Terlepas berbagai bengkalai persoalan hingga masjid hasil arsitek Ridwan Kamil dan Ir. Mursyid itu diharapkan segera dapat difungsikan dan dimakmurkan. Selain sebagai cerminan masyarakat religius juga jadi destinasi wisata halal atau wisata religi.

Memakmurkan Masjid 99 Kubah menjadi tanggung jawab pemerintah dan masyarakat secara sinergis. Perlu dikelola dengan manajemen modern yang profesional. Masjid sebagai tempat sujud, beribadah kepada Allah penuh kekhusyuan.

Allah cinta orang yang hatinya selalu bergantung ke masjid. Semoga kita dapat menjadi bagian jamaah yang turut memakmurkan masjid 99 Kubah, masjid kebanggaan masyarakat Sulsel. Insya Allah.

Firdaus Muhammad (Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar dan Ketua Komisi Dakwah MUI Sulsel)

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Debat Calon Bupati-Wakil Bupati Bulukumba: Tanggapan Putra Daerah

Tolak Politik Uang untuk Pilkada yang Bermartabat!

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar