Makna dan Harapan Wabup TSY di Hari Pramuka ke-58 Tahun

Wakil Bupati Bulukukumba yang juga selaku Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Bulukumba, Tomy Satria Yulianto, S.IP

Terkini.id,Makassar – Bukan hanya hari lahirnya Bangsa Indonesia saja yang menjadi sorotan, tetapi ada satu lagi hari besar nasional yang diperingati oleh banyak kalangan masyarakat sebelum HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yakni Hari Pramuka yang jatuh setiap 14 Agustus.

Wakil Bupati Bulukumba yang juga selaku Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Bulukumba, Tomy Satria Yulianto, S.IP berharap gerakan pramuka melahirkan generasi penerus Bulukumba yang optimis, solutif. Generasi yang memiliki semangat empati dan sportif yang saat ini ditempa di pramuka Bulukumba.

“Melihat semangat adik-adik kita di gerakan pramuka, saya optimis mereka akan menjadi pribadi dan kelompok yang lebih baik dimasa mendatang. Ini investasi jangka panjang yang harus dijaga sebagai warisan kita pada generasi kita saat ini,” ujarnya.

Mantan Wakil Ketua DPRD Bulukumba tersebut juga mengaku setidaknya menyebutkankan empat hal terkait makna pramuka.

Di tengah terik pun anak pramuka tetap semangat mengikuti kegiatan

Pertama sesuai arahan Kwarnas, pramuka harus terlibat secara aktif dalam pembangunan di wilayah masing masing, antara lain mencegah radikalisme dan terorisme, terlibat secara aktif dan pencegahan penyalahgunaan narkoba.

Kedua, bagaimana pramuka juga terlibat secara aktif dalam perlindungan lingkungan dengan tidak menggunakan sampah plastik dan atau terlibat dalam kegiatan daur ulang sampah.

Ketiga, gerakan pramuka juga akan terlibat dalam membangun ketahanan pangan dengan memaksimalkan pemanfaatan pangan lokal. Anak pramuka setidaknya diharapkan tidak mengkonsumsi produk pangan impor. Dan keempat, memperkuat semangat dan nilai dasa darma.

“Untuk Pramuka Bulukumba sendiri saat ini kita mendorong semangat berbagi dengan kegiatan sosial, kegiatan pramuka peduli. Pada 19 hingga 23 Agustus 2019 mendatang, Pramuka Bulukumba akan melakukan perkemahan tingkat kabupaten di Bontotiro tepatnya di desa Bontotanga,” terangnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
News

Jokowi Tunjuk Prabowo Jadi Menteri Pertahanan

Terkini.id, Jakarta - Pertanyaan tentang mantan Rival Jokowi, yakni Prabowo Subianto bakal menjadi menteri pertahanan di kabinet kerja jilid II terjawab sudah.Prabowo yang merupakan