Masa Pandemi, Warga Indonesia Makin Sering Berbagi dan Suka Belanja ke UMKM

Terkini.id, Jakarta – Memasuki minggu kedelapan masa social distancing untuk mengatasi penyebaran virus COVID-19, masyarakat Indonesia terlihat mengalami perubahan gaya hidup.

Hal itu berdasarkan analisis perusahaan jasa pemesanan dan transportasi online, Grab.

Beberapa yang dicatat adalah tingginya peningkatan belanja online masyarakat Indonesia khususnya berbelanja ke toko-toko UMKM.

Selain itu, semakin banyak yang memanfaatkan jasa Grab untuk berbagi kepada sesama. Termasuk pemberian uang tip kepada mitra Grab.

Grab mencatat paling tidak ada 5 perubahan pola pelanggan di Indonesia selama masa pandemi Covid-19. Apa saja?

Baca juga:

1. Jadi Lebih Sering Belanja Online

Data Grab menunjukkan Jumlah pesanan GrabExpress pada Maret 2020 naik 21,5 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

Menariknya, banyak juga yang suka belanja dari UMKM lokal, karena terdapat kenaikan pengantaran sebanyak 40% oleh social sellers (UMKM).

Titik pengantaran barang terbanyak pada bulan Maret juga berubah. Yakni Area Perumahan (41,5%), Fasilitas Kesehatan (13,6%) dan Bank (12%). Sebelumnya, Perkantoran dan Area Perumahan mendominasi titik pengantaran.

2. Suka Makan Sehat

Pandemi covid-19 juga membuat masyarakat lebih menjaga kesehatan. Hal ini membuat banyak masyarakat Indonesia yang mulai beralih memesan makanan sehat.

Saat jumlah pesanan makanan sehat di negara lain menurun, masyarakat Indonesia lebih memilih makanan sehat dengan kenaikan jumlah pesanan sebanyak 7,4%.

Namun, masyarakat Indonesia tetap suka ngemil. Hal ini dibuktikan dengan kenaikan jumlah pesanan snack pada layanan GrabFood sebesar 15.4%.

3. Tambah Suka Ngemil

Kerja dari rumah, membuat masyarakat Indonesia lebih suak ngemil. Sejak diluncurkan di Indonesia, layanan pembelian kebutuhan harian GrabMart telah digunakan pelanggan untuk membeli berbagai kebutuhan harian, termasuk camilan.

“Hal ini dibuktikan dari data kenaikan pemesanan GrabMart di Indonesia pada Maret 2020 yang naik 22% dibandingkan bulan sebelumnya,” tulis Grab melalui rilis yang diterima terkini.id. Tiga item paling dibeli selama pandemi COVID-19 melalui GrabMart adalah Es Kopi – bermacam variasi, Siomay Ikan dan Pao Ayam BBQ.

4. Makan Siang Lebih Banyak.

Sebelumnya, lebih banyak masyarakat Indonesia berbelanja di GrabFood untuk kudapan sore.
Sekarang, makan siang menjadi waktu di mana mereka berbelanja lebih banyak, dengan kenaikan jumlah pesanan makanan sebanyak 9.4% dalam satu kali pesan (basket size).

Ayam Goreng tetap menjadi menu terlaris selama masa kerja dari rumah, diikuti oleh Es Kopi dan Aneka Mie. Olahan Ayam yang digoreng menjadi Ayam Geprek, Ayam Penyet, Chicken Katsu dan lainnya rupanya tetap menjadi kegemaran masyarakat Indonesia.

5. Lebih Sering Berbagi

Jiwa sosial masyarakat Indonesia juga dinilai meningkat selama Pandemi. Hal ini dibuktikan dari jumlah pelanggan yang memberikan tip kepada mitra pengantaran GrabFood pada Maret 2020 meningkat sebanyak 38% dibandingkan bulan sebelumnya, dan besaran tip yang diberikan meningkat sebanyak 63%.

Jadi, masyarakat Indonesia tidak hanya memberikan tipping lebih sering, namun besarannya juga bertambah!

Lebih dari 5.000 mitra merchant GrabFood telah menyediakan menu spesial bagi mitra pengantaran dalam aplikasi GrabFood. Hingga saat ini, lebih dari 500.000 menu spesial bagi mitra pengantaran telah terjual.

Neneng Goenadi, Managing Director Grab indonesia menjelaskan, “KitaVSCorona. Sejak awal pandemi COVID-19 memasuki Indonesia, misi GrabForGood untuk memastikan bahwa kami dapat memanfaatkan teknologi untuk kebaikan terus kami jalankan.

Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada para mitra Grab yang terus bekerja untuk memastikan roda perekonomian di Indonesia terus bergerak. Juga kami ingin berterima kasih bagi pelanggan Grab yang terus memercayai kami untuk terus melayani setiap hari. Mari bersama melewati ini semua.”

Komentar

Rekomendasi

Saingi Zoom, WhatsApp Bisa Video Call dengan 50 Pengguna Sekaligus

Momen PSBB, Ezviz Perkenalkan Lini Produk CCTV Unggulan untuk Pelaku Usaha

Telkomsel Tawarkan CloudX Agar Warga Tetap Produktif di Tengah Pandemi Virus Corona

Usung Program Belajar dari Rumah, DILo Makassar Gelar Kelas Online untuk Programmer

Mengenal Lebih Dalam realme 6 dan realme 6 Pro, Telepon Pintar Pilihan Anak Muda

Hasil Riset: Telepon Pintar realme Favoritnya Anak Muda Indonesia Karena 4 Hal Ini

Diterpa Isu Kebocoran Data Privasi, Zoom Meminta Maaf

Mau Nikmati Konten Hiburan Kapanpun dan Dimanapun? ini Caranya

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar