Masalah Gagal Bayar, Eks Dirut Jiwasraya Juga Hobi Koleksi Harley Davidson dan Mobil Mewah

Terkini.id, Jakarta – Sejumlah tokoh yang pernah menjadi petinggi Jiwasraya tengah dibidik oleh pihak Kejaksaan Agung.

Setidaknya, ada 10 orang yang diduga terlibat korupsi di PT Asuransi Jiwasraya. Dari orang-orang itu, satu diantaranya adalah mantan Direktur Utama Jiwasraya Hendrisman Rahim, yang kini sudah dicegah pergi ke luar negeri oleh Kejaksaan Agung.

Di luar dari kasus tersebut, diketahui Rahim memang memiliki hobi yang mewah. Eks Dirut di perusahaan asuransi milik negara tersebut diam-diam mengkoleksi beberapa kendaraan, salah satunya motor besar asal Amerika Serikat, Harley-Davidson.

Hal itu terlihat dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dilaporkannya pada 16 November 2018.

Total harta yang dimiliki Rahim mencapai Rp17.354.585.093 miliar, dan terbagi-bagi diantaranya bangunan dan alat transportasi.

Nah untuk alat transportasi dan mesin, menurut LHKPN jumlahnya Rp2,850 miliar yang meliputi empat mobil mewah dan tiga kendaraan jenis moge.

Untuk kendaraan roda empat, Rahim memiliki sedan Mercedes-Benz buatan 2012 yang nilainya Rp700 juta.

Selain sedan, ada juga mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) kelas premium, yakni Toyota Alphard lansiran 2016 dengan nilai Rp700 juta. Kemudian, mobil ketiga dan keempatnya berjenis Sport Utility Vehicle (SUV) dengan tahun pembuatan yang lebih lawas.

SUV yang dimaksud adalah Mercedes-Benz Jip yang diproduksi pada 1994 nilainya Rp200 juta, dan mobil gagah yang terakhir adalah Lexus lansiran 2013 seharga Rp300 juta. Memang tidak ada yang disebutkan tipe dari keempat mobil milik Rahim tersebut.

Namun jika diraba Mercedes-Benz berjenis Jip yang dimakud diduga G-Class, yang kini masih digunakan sebagai kendaraan Pengamanan Presiden atau Paspampres. Sedagkan untuk sedan Mercy dengan range harga tersebut adalah C-Class atau E-Class.

Selain mobil, pria kelahiran Palembang tersebut juga memiliki tiga motor Harley-Davidson dengan tahun produksi 2012, 2013 dan 2015. Ketiga moge tersebut harganya Rp850 juta, cukup murah jika Harley tersebut berstatus on the road atau dilengkapi surat-surat.

Melansir dari 100kpj.com, untuk aset bangunan milik mantan Direktur Utama PT Reasuransi International Indonesia itu nilainya Rp3.863.079.000 miliar. Properti yang dimilikinya itu tersebar di berbagai daerah, seperti Tangerang, Bekasi, dan Jakarta Pusat.

Sebelumnya, Rahim dilarang Kejaksaan Agung meninggalkan Indonesia sejak 26 Desember 2019 sampai enam bulan ke depan.

Dalam kasus ini, Kejagung memastikan adanya praktik korupsi di Jiwasraya, di mana dalam penyidikan awal kerugian negara sudah mencapai sekitar Rp13,7 triliun.

Komentar

Rekomendasi

Kerja Sama Bank Sulselbar, Go-Pay Kini Terima Pembayaran Pajak PBB Warga Sulsel

Komitmen Manulife di Palu Mendapat Respons Positif Masyarakat

Agen Pemasaran Tumbuh 39 Persen, Perusahaan Asuransi Ini Gelar Roadshow di 8 Kota

BPJS Kesehatan Dinilai Boros Dana, Insentif Direksi Sampai Rp 32,88 miliar

Dibatalkan DPR, Pansus Jiwasraya Tinggal Wacana

Perangi Praktek Money Laundering, BI Sulsel Gelar Talkshow

BPK Bongkar Jiwasraya: Laba Tahun 2006 Hasil Rekayasa Akuntansi

Tanpa Kenaikan Iuran, BP Jamsostek Naikkan Manfaat JKK hingga 13 Kali Lipat

Butuh Modal Usaha untuk Bisnis Anda? Ini Solusinya

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar