Melalui Jurusan Agrobisnis Perikanan, SMKN 36 Jakut Luncurkan Omega36

Tulisan ini adalah kiriman dari Citizen, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Laporkan tulisan

Terkini.id, Jakarta-Dalam rangka menorehkan prestasi, SMKN Mandiri 36 Jalarta Utara terus berinovasi. Apa lagi SMKN Mandiri 36 Jakarta Utara selama ini dikenal sebagai juara nasional di bidang Nautika, kini sekolah ini juga mengembangkan potensi kewirausahaan bidang kelautan melalui jurusan Agrobisnis Perikanan (AP).

Berbagai makanan olahan berbasis ikan yang dihasilkan antara lain pempek, bakso, otak otak, dan somay ikan. Salah satunya dengan meluncurkan merek Omega36, yang merupakan brand untuk aneka makanan olahan berbahan baku utama ikan.

“Dilengkapi dengan laboratorium praktikum jurusan AP, produk-produk Omega36 dihasilkan melalui proses higienis dan tanpa bahan pengawet maupun penyedap yang berbahaya bagi kesehatan,” terang Bintang Alief Primaksara, kepada media, Kamis, 13 Februari 2020. Siswa kelas XI Jurusan Nautika (NKPI) ini juga begitu antusias mempelajari pemasaran produk jurusan Agrobisnis Perikanan.

Bintang Alief Primaksara (Siswa kelas XI SMKM 36 Jakarta Utara Jurusan Nautika (Agrobisnis Perikanan)

Bintang Alief mengungkapkan, produk-produk Omega36 dibuat guna memenuhi kebutuhan pangan bergizi dengan memperhatikan aspek-aspek penting dan kontrol ketat produksi sesuai standard penilaian akademis yang merupakan idealisme dunia pendidikan. Jadi bukan kegiatan industri massal komersial guna memenuhi jumlah permintaan pasar.

Dari pengamatan dan diskusi dengan jurusan AP, Bintang Alief menyimpulkan bahwa Omega36 harus diproduksi secara berkesinambungan, sehingga sudah tepat langkah sekolah yang memberi penugasan ke siswa kegiatan sales guna mendukung komitmen Omega36 untuk terus melakukan produksi makanan olahan ikan berkualitas, halal dan bergizi tinggi.

“Omega36 berkomitmen kuat menyajikan makanan halal yang aman dan sehat secara menyeluruh bukan hanya pada produk, melainkan juga dalam proses pembuatan, halal proses dan halal produk,” tegas Bintang yang merupakan siswa dengan skor bahasa Inggris TOEIC tertinggi (945) di SMKN 36 dan peringkat 16 nasional pada tahun lalu.

Saat ini makanan olahan Omega36 diproduksi dalam kemasan 500 gram, seperti Bakso Ikan yang dibandrol pada harga eceran Rp 30.000 per pack, Siomay Ikan Rp 25.000 per pack, dan Pempek dengan harga Rp. 30.000 per pack.

Produk Omega36 yang mengedepankan kualitas sebagai makanan sehat, harga terjangkau, bergizi tinggi, dan halal, dapat diperoleh dengan menghubungi 0822-4683-2683.

Bintang Alief berharap, selain dapat dikembangkan dengan kapasitas produksi lebih besar, Omega36 dapat menjadi brand andalan yang tak hanya mengangkat nama SMKN 36, namun juga menumbuhkan jiwa kewirausahaan siswa, mengingat Indonesia memiliki potensi kelautan yang sangat besar untuk dikembangkan guna meningkatkan kesejahteraan.

Disamping itu Bintang berharap, pemerintah memberikan perhatian dengan mendukung produksi guna pemenuhan gizi siswa. “Misalnya dengan memberikan subsidi produksi untuk memberikan makanan tambahan bergizi gratis bagi siswa,” ujar siswa yang baru kembali berlayar dalam rangka praktik kerja industri (prakerin) ini berharap.

Komentar

Rekomendasi

Gubernur Sulsel Terbitkan Surat Edaran Perpanjangan Masa Belajar di Rumah, Berikut Bunyinya

Antisipasi Covid-19 di Mandai, BPBD Bersama Damkar Lakukan Penyemprotan Sepanjang Jalan Kariango

Mahasiswa KKN UINAM Bantu Gugus Tugas di Posko Siaga Covid-19 Sterilkan Pengguna Jalan

Darurat Covid-19, SMAN 7 Makassar Laksanakan US Online. Ini Pesan Kepala Sekolah

Jangan Dengar Suara Hoax ” Jembatan Barombong Dan Jembatan Kembar Sungguminasa,” ini Keterangan Kasubbag Humas Polres Gowa

Atasi Krisis Covid-19, TNI AD Alokasikan 20 Ton APD ke 68 RSAD

Peduli Covid-19, KNPI Toraja Utara Turunkan Relawan Lakukan Penyemprotan Disinfektan

PMI Makasaar Bersama PT. SURACO JAYA ABADI MOTOR Siap Lawan Corona

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar