Melihat Lebih Dekat Berbagai Jenis Pelayanan GraPARI yang Semakin Luas

Melihat Lebih Dekat Berbagai Jenis Pelayanan GraPARI yang Semakin Luas

HZ
Hasbi Zainuddin

Penulis

Terkini, Makassar – DI teras GraPARI Makassar di Jalan AP Pettarani Makassar, Irwan, merasa lega, setelah kurang lebih 30 menit berurusan dengan petugas customer service Telkomsel, pada 24 September 2025 lalu. Sebagai pengguna layanan telekomunikasi, Irwan sadar bahwa nomor telepon adalah informasi kontak paling penting yang dimiliki saat ini.

Karena itu, jika nomor telepon hilang atau berubah, urusannya bakal bertambah banyak. Dia tidak mau itu terjadi. “Nomor saya terblokir bulan lalu. Untungnya masih bisa dikembalikan. Pelayanannya cepat,” ungkap Irwan, saat ditemui usai mengurus nomor kontak Telkomsel miliknya.

Aktivitas komunikasi, yang kebanyakan menggunakan jaringan internet, membuat Irwan dan sejumlah pengguna telekomunikasi lain kadang-kadang lebih banyak menggunakan jaringan hotspot melalui WIFI. Itu membuatnya lupa untuk memperpanjang masa aktif nomor telepon.

Melihat Lebih Dekat Berbagai Jenis Pelayanan GraPARI yang Semakin Luas

Selain Irwan, ada banyak pengguna Telkomsel yang berkunjung ke GraPARI hari itu. Tapi dengan ruangan yang luas, dan beragam jenis pelayanan, prosesnya pun bisa lebih cepat. Menariknya, di Gedung Grapari AP Pettarani yang khas dengan bentuk jajar genjang itu, tidak semua pelanggan dilayani oleh manusia. Ada juga pelayanan melalui mesin mandiri bernama MyGraPARI.

Sekadar kilas balik, GraPARI adalah gerai-gerai Telkomsel di sejumlah daerah di negeri ini, yang dihadirkan untuk melayani pelanggan. Menariknya, GraPARI pertama kali hadir di Yogyakarta, dan diberi nama oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Baca Juga

“Awalnya, kita beri nama Graha Pari Sraya yang berarti rumah untuk memberi pelayanan, tapi menurut Sri Sultan, terlalu panjang. Disingkat saja jadi GraPARI. Sehingga, dari Yogyakarta, kantor-kantor layanan Telkomsel yang hadir kemudian bernama GraPARI,” ungkap Arief Hidayatus Sefian, General Manager Customer Care Retention Telkomsel Area Pamasuka, saat memberi presentase terkait momen ‘Merayakan Hari Pelanggan’ di Gedung GraPARI, Rabu 24 September 2025.

Saat ini, terdapat 458 GraPARI di seluruh Indonesia, dan salah satu wilayah yang terbanyak gedung GraPARI-nya adalah Kawasan Pamasuka atau Papua Maluku Sulawesi Kalimantan. Yakni 140 GraPARI.

Setelah 30 tahun Telkomsel berdiri, GraPARI kini punya banyak saluran pelayanan konsumen. Salah satu salurannya, adalah MyGraPARI yang tersedia di semua gedung GraPARI dan pusat-pusat keramaian.

“Untuk MyGraPARI, mesin pelayanan mandiri ini, tersedia di GraPARI AP Pettareni, Mall Panakkukang, Bandara Sultan Hasanuddin, Balaikota, Sudiang dan Jalan Usman Jafar,” ungkap Arief lagi. Anjungan mandiri ini melayani isi pulsa, ganti kartu, hingga bayar tagihan Telkomsel Halo.

Arief juga menekankan layanan pusat telepon Telkomsel, yang kini tidak hanya melalui layanan telepon 188. “Sekarang bisa lewat aplikasi mytelkomsel 188 (klik contact us), jika di luar negeri bisa menelepon ke +628110-000-333, atau kalau GraPARI tidak jauh dari rumah, ke GraPARI saja,” ungkap dia.

Dapatkan update berita terkini setiap hari dari Terkini.id. Mari bergabung di Saluran Whatsapp "Terkinidotid", caranya klik link https://whatsapp.com/channel/terkinidotid, kemudian klik ikuti.