Masuk

Menang 4-2 Atas Kosta Rika Tapi Tetap Gugur, Pertanda Masa Kelam Timnas Jerman?

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Pada laga pamungkas grup E dalam gelaran Piala Dunia Qatar 2022 mempertemukan antara Kosta Rika melawan Jerman yang berlangsung di Stadion Al Bayt pada Jum’at 02 Desember 2022 dini hari WIB. Laga ini berakhir dengan kemenangan Jerman 4-2 atas Kosta Rika. Meski berhasil menang, Jerman tetap gugur dari fase grup.

Pada partai yang menentukan itu, Der Panzer julukan Timnas Jerman menguasai jalannya pertandingan. Meski Kosta Rika juga sedikit memberikan tekanan. Sebab kedua tim sama-sama punya kans untuk lolos.

Jerman berhasil mencetak 4 gol dan membungkam Kosta Rika. Gol pertama melalui sundulan keras Gnabry (10′) hasil umpan dari Raum dari serangan di sisi kiri. Havertz berhasil mencetak brace pada laga ini dengan memanfaatkan kemelut di depan gawang Keylor Navas pada menit (73′) dan (85′) umpan dari Gnabry. Serta Fullkrug berhasil memperlebar jarak pada menit ke-89.

Tendangan Striker Timnas Jerman Serge Gnabry berhasil membobol gawang Kosta Rika yang dijaga Keylor Navas. (Sumber foto: twitter @DFB_Team).
Baca Juga: Presiden Turki Sebut Cristiano Ronaldo Korban Politik di Piala Dunia Hingga Jarang Dimainkan

Sedangkan Kosta Rika hanya mampu membalas dua gol yang sempat berbalik unggul sementara. Gol dicetak oleh Tejeda melalui serangan balik pada menit ke-58 dan Vargas lewat skema bola mati pada menit ke-70.

Menang Tapi Gagal Lolos

Meski berhasil menang, namun Jerman gagal lolos ke babak 16 besar dan harus rela angkat koper lebih cepat dari turnamen sepak bola terbesar di dunia itu.

Jerman sama-sama mengoleksi 4 poin dengan Spanyol tapi kalah agresivitas gol. Spanyol yang pada pertandingan lain harus mengakui keunggulan Samurai Biru Jepang dengan skor akhir 2-1.

Baca Juga: Lionel Messi Dikabarkan Masuk Daftar Pertimbangan Ikon Mata Uang Argentina

Spanyol mencetak gol terlebih dahulu lewat Alvaro Morata pada menit ke-11. Kemudian Jepang berhasil membalikkan keadaan melalui dua gol yang disarangkan oleh Ritsu Doan (48′) dan Ao Tanaka 3 menit berselang.

Masa Kelam Timnas Jerman

Dengan kegagalan tersebut menambah rekor buruk Timnas Jerman di turnamen antar negara setelah berhasil menjadi kampiun pada Piala Dunia 2014 yang digelar di Brazil. Hasil ini menjadi masa kelam bagi Timnas Jerman.

Piala Dunia 2018

Pada Piala Dunia 2018 yang berlangsung di Rusia, Jerman dengan status juara bertahan tak mampu lolos ke babak 16 besar dan menjadi juru kunci grup F. Saat itu Jerman tergabung bersama Swedia, Korea Selatan, dan Meksiko. Dengan hanya meraih 3 poin hasil dari 1 kali menang dan 2 kali kalah.