Menggali Karakter Kepemimpinan Raja-Raja Maros, KKN PPL Terpadu UNM Sukses Gelar Seminar Sejarah Lokal

Tulisan ini adalah kiriman dari Citizen, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Laporkan tulisan
Seminar

Terkini.id, Maros – Sejarah merupakan hal yang sangat penting diketahui oleh generasi muda, melestarikan dan menjaganya serta mewarisi nilai-nilai kebaikannya menjadi tanggungjawab bersama. Hal ini yang disadari oleh mahasiswa KKN PPL Terpadu Angkatan XXI Universitas Negeri Makassar (UNM) Kecamatan Turikale dengan menggelar seminar sejarah lokal Kabupaten Maros, Sabtu 28 November 2020.

Seminar yang berlangsung di Gedung Baruga A Kantor Bupati Kabupaten Maros mengangkat tema Menggali Karakter Kepemimpinan dari Sejarah Raja-Raja Maros, bekerjasama dengan DPD II KNPI Maros dan Yayasan Al-Hikmah Amanah Ummah Maros seminar berjalan dengan lancar dan sukses. Sebanyak 50 peserta yang terdiri dari masyarakat umum, lembaga adat dan mahasiswa terlihat sangat antusias dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Pembicara dalam seminar ini adalah tokoh adat di Maros yaitu H. Andi Fahri Makkasau Karaeng Ngunjung, S.IP selaku pewaris karaeng Simbang XVIII dan juga sebagai Ketua Majelis Keturunan Tomanurung Maros serta Andi Abdul Waris Tadjuddin Karaeng Sioja selaku pemangku adat Marusu yang dimoderatori oleh Ahmad Takbir Abadi.

Giofany Firmansyah selaku Koordinator KKN PPL Terpadu UNM Kecamatan Turikale mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat berkesan karena mampu menghadirkan ahli sejarah Maros sebagai narasumber dengan harapan peserta dapat memahami sejarah Maros dan mampu memetik pelajaran tentang nilai-nilai kepemimpinan raja-raja Maros.

“Para pemimpin kerajaan Marusu dikenal sebagai pemimpin yang mengedepankan ketaatan kepada Tuhan, mengedapankan persatuan, komitmen, dan melayani rakyatnya dengan sepenuh hati, semoga kita semua belajar meneladani karakter mereka,” Tutur Andi Fahri Makkasau menutup materinya.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Wakili Dinas Pendidikan di Musrembang Kecamatan Makassar, Ahmad Hidayat Harap Hasil Maksimal

HUMANIKOM Salurkan Bantuan Untuk Korban Gempa Di Sulbar

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar