Makassar Terkini
Masuk

Merah Putih Gagal Berkibar, Isak Tangis Warnai Upacara HUT RI di Solo

Terkini.id, JakartaIsak tangis mewarnai upacara HUT ke 77 RI yang digelar Pemkot Solo di Stadion Sriwedari, Rabu, 17 Agustus 2022. Suasana ini terasa ketika sang merah putih gagal dikibarkan oleh pasukan pengibar bendera.

Dilansir dari Detik.com, bendera gagal dikibarkan karena pengait pada tali terlepas sehingga tidak memungkinkan untuk dikibarkan. Bendera hanya dibentangkan menggunakan tangan selama lagu Indonesia Raya berkumandang.

Terdengar isak tangis dari arah penonton, baik yang berada di lapangan maupun di tribun. Terlihat pula beberapa peserta tak bisa menahan air mata selama bendera Merah Putih dibentangkan.

Setelah lagu Indonesia Raya selesai berkumandang, para peserta upacara tetap memberi apresiasi kepada pengibar bendera. Tepuk tangan pun bergemuruh di Stadion Sriwedari.

“Semangat, semangat,” teriak peserta upacara dari arah tribun.

Upacara HUT ke-77 RI di Pemkot Solo, Rabu, 17 Agustus 2022 (foto: dok detikcom)

Pasukan pengibar kemudian kembali melipat bendera dan menaruhnya di baki. Mereka kemudian membawanya kembali.

Saat memberikan amanat upacara, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka meminta para peserta upacara bertepuk tangan. Hal ini dilakukan untuk menyemangati pasukan pengibar bendera.

“Untuk menyemangati adik-adik paskibra, mohon tepuk tangannya,” kata Gibran saat upacara tersebut.

Tak hanya itu, seusai upacara Gibran memanggil para pasukan pengibar dan mengajak memberi salam kepada peserta. Dengan air mata yang mengalir, sejumlah pasukan menangis sambil melambaikan tangan kepada hadirin.

“Nggak apa-apa, semangat,” kata Gibran.

Kepada wartawan, Gibran menilai insiden tersebut memang tidak dapat diprediksi. Dia kembali memberi semangat kepada pasukan pengibar bendera.

“Yang namanya kejadian seperti ini kecelakaan, tidak bisa diprediksi. Kesalahan kecil saya mohon maaf. Adik-adik Paskibraka sudah semangat,” ucapnya.