Masuk

NasDem Siap Deklarasikan Anies Sebagai Capres 2024, Ini Kata Pengamat

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Partai Nasional Demokrat (NasDem) beserta dengan beberapa Paratai Politik (Papol) seperti Demokrat dan PKS, kabarnya menyatakan sikap untuk mendeklarasikan Calon Presiden RI 2024 yanki, Anies Baswesan pada 10 November 2022, mendatang.

Terkait dengan rencana NasDem, Demokrat dan PKS untuk mendeklarasikan Anies sebagai Capres 2024, Pengamat Politik Indonesia, Rocky Gerung turut menanggapi kabar ini.

Rocky Gerung dalam sebuah video yang ditayangkan di kanal YouTube pribadinya, Rocky Gerung Official yang dipandu oleh Wartawan Senior, Hersubeno Arief pada, Kamis 29 September 2022, mengatakan jika ini masih dalam bentuk MoU

Baca Juga: Ade Armando Yakin Anies Baswedan Bakal Menang Jika Ganjar Pranowo Tak Maju

Menurut pria yang akrab disapa RG atau Bung Rocky, maksud dari deklarasi NasDem pada 10 November 2022 mendatang adalah menaikkan elektabilitas NasDem.

Hal ini dikarenakan salah satu hasil survey menunjukkan jika gerak gerik rakyat menunjukkan lebih menyukai rakyat.

“Itu tetap masih MoU juga sebetulnya itu. Kalau kita baca secara detail tentu yang dimaksud dengan tanggal 10 ada upaya untuk menaikkan elektabilitas NasDem sendiri bukan Anies Baswedan sebetulnya”, kata Rocky Gerung.

Baca Juga: Anies Baswedan Bakal ke Makassar Sapa Masyarakat Sulsel 10-11 Desember 2022

Kecintaan rakyat terhadap Anies Baswedan kata Rocky Gerung, sehingga NasDem mengambil kesempatan ini agar tidak memberikan keuntungan pada partai lain.

“Tetapi memang ada survey yang memperlihatkan gerak-gerik rakyat mengarah kepada Anies Baswedan. Nah karena itu kalau NasDem nggak ngomong, nanti justru partai lain yang ambil keuntungan dari naiknya apresiasi terhadap Anies Baswedan”, sambungnya.

Langkah ini juga dinilai Rocky Gerung sebagai sinyal dari NasDem untuk menggalang dukungan rakyat karena mengusulkan Capres yang punya prestasi.

Kendati NasDem akan mengusul Anies sebagai Capres, Rocky Gerung berpendapat jika tantangan yang akan dihadapi oleh Anies semakin besar untuk melanjutkan kepemimpinan di Indonesia.

Baca Juga: Kantor DPW NasDem Dilempar Telur Busuk Saat Anies di Aceh, PKS: Harus Diusut

“Jadi minimal Partai NasDem udah kasi sinyal bahwa tolong pilih kami sebagai partai karena kami akan memilih seorang yang memiliki jejak yang lebih baik dari Pak Jokowi, kira-kira begitu kan”, ujarnya.

“Dengan mengatakan itu tentu Pak Jokowi juga bersiap-siap untuk cari siasat agar Anies makin lama makin disingkirkan, NasDem juga mungkin bisa kena sentilan atau jeweran dari pak Jokowi kan tetap NasDem tetap ada dalam koalisi gitu, tetapi politik kan selalu di ujung waktu kekuasaan semua akan jadi single player”, kata Rocky Gerung.