Nutrisi Ini Membantu Anak Tumbuh Tinggi Badan Secara Optimal

Terkini.id, – Tinggi badan anak sangat penting karena menjadi ukuran mengenai perkembangannya, anak yang tumbuh tinggi kerap dianggap lebih sehat karena dipastikan tercukupi nutrisi yang berpengaruh pada tinggi badan mereka.

Faktor genetik memang berperan penting dalam menentukan tinggi atau pendeknya badan seorang anak. Namun orang tua yang bertubuh pendek bisa melakukan cara dengan memperhatikan nutrisi dan stimulus fisik bagi anak. Semakin baik nutrisi yang diterima anak akan berpengaruh bagus pada tinggi badan mereka.

Pertumbuhan tinggi badan yang cukup signifikan ketika anak berusia 6-8 tahun, lalu dilanjutkan pada fase pubertas.

Hormon yang berpengaruh pada pertumbuhan tinggi badan anak adalah Human Growth Hormone (HGH) dan Insulin-like Growth Factor-1 (IGF-1) yang menentukan panjang tulang dan menjaga massa tulang seseorang.

Mungkin Anda menyukai ini:

Asupan nutrisi  berperan penting agar anak tumbuh tinggi dan memiliki tubuh yang lebih sehat.

Berikut asupan nutrisi yang bisa membantu anak tumbuh lebih tinggi

1. Telur

Telur adalah sumber protein yang paling baik untuk tumbuh kembang anak, selain protein juga mengandung zat besi, riboflavin dan biotin. Terutama adalah putih telur yang mengandung protein tinggi.

Penuhi nutrisi anak dengan memberikan telur sebagai menu sarapan anak yang bisa disajikan dengan direbus atau dibuat omelet.

2. Susu

Susu mengandung kalsium dan protein yang baik untuk membentuk tulang dan membuatnya semakin kuat. Selain itu produk olahan susu seperti keju dan yogurt juga sangat tinggi kalsium dan vitamin yang membantu mineralisasi tulang anak.  

Susu pertumbuhan sangat berperan penting membantu mengatasi masalah stunting pada anak.

1 2
Selanjutnya
Bagikan