Nyetir Mobil Saat Hujan? Simak Hal yang Perlu Disiapkan

Terkini.id, Jakarta – Beberapa daerah di Indonesia kini sudah mulai memasuki musim hujan.

Hujan mengguyur berbagai daerah sepanjang hari membuat berbagai aktivitas harus mengalami penyesuaian ulang, salah satunya mengemudi.

Ada beberapa hal yang harus benar-benar diperhatikan ketika mengemudi mobil di saat musim hujan lebih berhati-hati agar terhindar dari kecelakaan.

Baca Juga: Ancaman Pohon Tumbang, DLH Makassar: Sudah Siaga Sejak Bulan Lalu

Sebab itu Tak jarang hal sepele yang luput dari perhatian menjadi potensi sebagai faktor penyumbang kecelakaan.

Berikut hal-hal yang harus kamu perhatikan pada mobil saat musim hujan. Untuk itu, melansir dari actionservicecentre.

  1. Perhatikan Wiper dan Kaca

Baca Juga: Peneliti Perkotaan Tekankan Penanganan Banjir Mulai Sekarang, Bukan Saat Musim...

Kamu perlu memperhatikan elastisitas wiper, karena jika sudah berdecit, artinya kompon wiper kamu sudah keras.

Wiper yang lembut jelas mempengaruhi efektivitas dalam mengusir air dari kaca, hal tersebut akan mencegah kaca kamu tergesek hingga menimbulkan goresan yang susah untuk dihilangkan.

Kebersihan kaca juga menjadi kunci kamu dapat melihat jelas meski saat hujan deras. Untuk tambahan, bisa juga mengunakan produk produk perawatan kaca mobil, agar terbebas dari jamur, kerak dan air hujan tidak menempel dipermukaan kaca mobil.

  1. Cek Lampu, Rem, dan Ban

Baca Juga: Peneliti Perkotaan Tekankan Penanganan Banjir Mulai Sekarang, Bukan Saat Musim...

Komponen-komponen ini jelas penting adanya. Jarak pandang yang berkurang saat hujan jelas membutuhkan lampu yang optimal, termasuk lampu hazard, sein, dan lampu utama.

Selain itu, rem juga harus dipastikan berfungsi dengan baik, selalu cek rem kamu sebelum berkendara. Selanjutnya, ban juga harus diperhatikan, karena ban yang aus dapat menimbulkan slip dan tergelincir saat hujan.

  1. Jaga Kebersihan Mobil

Usahakan selalu mencuci mobil kamu baik eksterior maupun interior sehabis berkendara di saat hujan, karena air hujan yang menempel dan tidak dibersihkan dapat menimbulkan jamur, serta karat pada mobil.

Air hujan yang menempel biasanya juga lebih susah untuk dibersihkan jika didiamkan terlalu lama. Selain eksterior, bagian interior juga tidak kalah penting, terutama bagian karpet mobil. Saat kamu masuk kedalam mobil dalam kondisi hujan, otomatis karpet akan menjadi basah dan kotor, jika tidak segera dibersihkan akan menimbulkan jamur dan bau yang tidak sedap.

  1. Service secara teratur

Selalu cek performa mobil kamu, sangat dianjurkan buat kamu untuk service secara teratur di bengkel atau dealer resmi. Dengan service secara teratur, mesin dan komponen kelistrikan mobil dapat terjaga kondisinya,sehinga terhindar dari resiko mogok di tengah banjir dan hujan.

Jika tidak memperhatikan hal-hal tersebut, pastinya ini membuat kondisi mobil kamu sudah tidak prima lagi. Maka mobil tidak lagi dapat digunakan dengan aman dan nyaman di segala kondisi, khususnya saat hujan.

Bagikan