Masuk

P3E SUMA KLHK dan SMK SMTI Makassar Laksanakan Penandatanganan MoU

Komentar

terkini.id-Makassar, Sekolah Menengah Kejuruan -Sekolah Menengah Teknologi Industri ( SMK SMTI Makassar) akan mengembangkan standar mutu manajemen lingkungan dalam kegiatan sehari-hari melalui ISO 140001.

Beberapa faktor inti dari ISO 140001 antara lain;
Dokumen ISO, Awareness dan Teknik Lapangan.

Selanjutnya pada Penandatanganan perjanjian kerjasama yang diselenggarakan ini menitikberatkan pada pendampingan kerjasama ISO 140001 yang meliputi tata kelola pada sistem manajemen lingkungan.

Baca Juga: Hari Peduli Sampah Nasional 2023, Tuntas Kelola Sampah untuk Kesejahteraan Masyarakat

Berkaitan hal tersebut, Siang tadi dilakukan Penandatanganan nota kesepehaman antara Sekolah Menengah Kejuruan Sekolah Menengah Teknik Industri (SMK SMTI Makassar) Kementerian Perindustrian RI bersama Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sulawesi dan Maluku, Kementerian LHK ( P3E SUMA-KLHK) pada Jum’at (20/01/2023) di Sekolah Menengah Kejuruan SMTI Makassar.

Dalam sambutannya, Dr.Darhamsyah selaku Kepala P3E SUMA KLHK menuturkan bahwa kader-kader anak didik profesional siap terjun dalam dunia kerja dicetak di SMTI.

Berbicara masalah lingkungan maka tak bisa juga lepas dari ruang lingkup proses di industri.

Baca Juga: Alokasi Dana Badan Pengelolaan Dana Lingkungan Hidup (BPDLH) Difokuskan Atasi Masalah Lingkungan Hingga Tuntas

“Kami melihat SMTI semakin berkembang dan Saatnya mulai dari diri sendiri,”ucapnya.

Ketika kita berbicara lingkungan, ada mutu, mekatronik dan industri. green chemistry akan kita dorong. Bagaimana operasionalnya hingga dapat berkembang.Tidak ada yang terbuang , semua bisa jadi produk tidak ada yang menjadi limbah.

Saat ini limbah plastik dijadikan bahan bakar. wet procces sudah mulai ditinggalkan,”jelas Kapus P3E SUMA KLHK ini.

Kertas pun sekarang selayaknya mulai kita kurangi konsumsi, diketahui Kertas putih banyak pemakaian pemutih kertas atau Klor. Seperti pemakaian kertas putih sudah jarang digunakan, contohnya di negara Jepang.