P3M Poltekpar Makassar Gelar Seminar Proposal Penelitian Institusi dan Kelompok Dosen
Komentar

P3M Poltekpar Makassar Gelar Seminar Proposal Penelitian Institusi dan Kelompok Dosen

Komentar

Terkini.id, Makassar – Pusat Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (P3M) Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar menyelenggarakan Seminar Proposal Penelitian Institusi dan Kelompok Dosen di Lingkungan Politeknik Pariwisata Makassar di Hotel Aryaduta Makassar.

Acara yang digelar pada Rabu 17 Mei 2023 tersebut mengangkat tema “Kebangkitan Wisata Bahari Dalam Mendukung Pemulihan Perekonomian Pasca Pandemi Covid 19”.

Kegiatan ini dihadiri sedikitnya ada 100 orang peserta, terdiri dari Dosen, Pegawai, dan Mahasiswa Poltekpar Makassar.

Kepala P3M Poltekpar Makassar Drs. Darmayasa, M.Pd dalam laporannya menyampaikan bahwa pada tahun ini terdapat 35 penelitian yang dilakukan oleh Dosen Poltekpar Makassar yakni 2 Penelitian Institusi, 8 Penelitian Kelompok dan 25 Penelitian Mandiri.

“Diharapkan dengan adanya penelitian yang berjumlah 35 penelitian ini, dapat menghasilkan puluhan artikel yang dapat terpublikasi di berbagai jurnal ilmiah baik itu yang terakreditasi dalam negeri maupun internasional,”bebernya.

DPRD Kota Makassar 2023

Sementara itu, Direktur Poltekpar Makassar Drs. Muhammad Arifin dalam sambutannya berharap penelitian yang dihasilkan tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu.

Arifin juga menyampaikan bahwa penelitian terapan yang akan dilakukan oleh para dosen ini harus sesuai dengan rumpun ilmu yang mereka miliki.

P3M Poltekpar Makassar Gelar Seminar Proposal Penelitian Institusi dan Kelompok Dosen

Sehingga penelitian yang dilakukan dapat bermanfaat bagi prodi itu sendiri, terutama dalam pengembangan ilmu pengetahuan sesuai disiplin ilmu prodi masing-masing.

“Terkait dengan penelitian kita yang mengangkat tema atau fokus ke marine tourism atau wisata bahari,”ujarnya.

“Ini sejalan dengan center of excellent yang diamanahkan oleh Kemenparekraf kepada Poltekpar Makassar sebagai perguruan tinggi yang terfokus pada wisata bahari,”lanjutnya.

Seusai sambutan oleh Direktur Poltekpar Makassar acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan proposal penelitian oleh masing-masing perwakilan tim peneliti.

Pemaparan diawali dengan hasil penelitian institusi yang dibawakan oleh Ilham Djunaid M.Hum., Ph.D. dengan judul penelitian “Tanggungjawab Sosial Industri Pariwisata Dalam Pengembangan Pariwisata Bahari Berbasis Masyarakat : Suatu Pendekatan Resilensi” yang kemudian dilanjutkan dengan paparan oleh perwakilan masing-masing kelompok.

Setelah pemaparan dari perwakilan masing-masing tim peneliti kegiatan seminar dilanjutkan dengan sesi pembahasan oleh beberapa orang narasumber.

Adapun narasumber pada seminar hasil ini adalah Prof. Dr. Haedar Akib, M.Si., Prof. Dr. St. Haerani, SE, M.Si., Prof. Dr. Arismunandar, M.Pd., Prof. Dr. Hamka Naping, MA., Prof. Dr. H. Muhammad Azis, M.Si., dan Prof. Ir. Muhammad Arsyad, SP, M.Si, Ph.D.