Pacu Spirit Filantropi, Fashion Runners Donasi 1.000 Buku ke TBM Lentera Pustaka

Terkini.id, Jakarta-Semangat filantropi memang harus terus digaungkan. Sebagai aksi nyata untuk peduli sesama dan nilai kemanusiaan. Filantropi, sebuah semangat kedermawanan. Tindakan sederhana yang bukan hanya sebatas dana, tetapi juga kontribusia sosial, waktu, tenaga, dan pikiran.

Komitmen filantropi inilah yang dilakukan Komunitas Fashion Runners (FR) yang hari ini mendonasikan 1.000 buku ke Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka di Kaki Gunung Salak Bogor. Donasi diserahkan langsung oleh Dini Indra (Ketua Komunitas Fashion Runners) kepada Syarifudin Yunus, Kepala Program TBM Lentera Pustaka di Jakarta. Rabu 6 Nopember 2019 sebagai wujud kepedulian dalam meningkatkan tradisi baca dan budaya literasi anak-anak usia sekolah.

“Donasi buku-buku ini adalah bentuk kepedulian anggota Fashion Runners. Sebagai bagian tanggung jawab sosial kami untuk anak-anak Indonesia agar tetap membaca buku, seperti yang dijalankan di Taman Bacaan Lentera Pustaka. Sebagai komunitas olahraga lari, kami pun membangun semangat filantropi, sikap peduli terhadap sesama,” ujar Dini Indra, Ketua Fashion Runners saat penyerahan donasi buku.

Sebelumnya, Fashion Runners pun telah menyumbangkan program tanaman 1.000 polybag ke TBM Lentera Pustaka, di samping buku dan jam digital. Komunitas Fashion Runners (FR) merupakan komunitas lari yang terdiri dari sekitar 60 anggota yang berlatar belakang profesional seperti pengusaha, eksekutif bisnis tingkat atas dan profesional. Dengan fokus pada kebugaran sosial, pelatihan kompetitif rutin, pembaruan kesehatan serta pengetahuan nutrisi, Fashion Runners sering mengikuti lomba marathon, di samping aktif dalam program filantropi.

“Terima kasih Fashoin Runners atas kepeduliannya pada TBM Lentera Pustaka. Buku-buku ini sangat berguna bagi 65 anak pembaca aktif yang ada di taman bacaan kami. Sunggung, donasi dan semangat filantropi Fashion Runner ini patut menjadi contoh konkret komunitas sosial di Indonesia. Agar tetap berkontribusi terhadap tradisi baca dan budaya literasi anak,” sambut Syarifudin Yunus, Kepala Program TBM Lentera Pustaka.

Fashion Runners memandang tradisi baca dan budaya literasi anak perlo didukung dan digenjot di era digital seperti sekarang. Karena dengan membaca, akan lahir generasi penerus bangsa yang berwawasan luas, toleran dan memiliki karakter yang tangguh. Maka tidak bisa tidak, semua pihak harus ikut berkontribusi demi tegaknya tradisi baca anak-anak Indonesia. Apalagi saat ini, kebiasaan membaca anak-anak tergolong rendah.

Perlu diketahui, TBM Lentera Pustaka saat ini menjadi taman bacaan 65 anak-anak pembaca aktif. Seminggu 3 kali membaca dengan rata-rata menghabiskan 5-8 buku per minggu. Dengan koleksi buku mencapai 3.400, TBM Lentera Pustaka dikenal sebagai taman bacaab unik dan menyenangkan. Karena menerapkan model “TBM Edutainment”, program membaca yang edukatif dan entertainment.

Sebagai satu-satunya taman bacaan masyarakat yang resmi di Kecamatan Taman Sari Kabupaten Bogor, TBM Lentera Pustaka bertekad menjadikan anak-anak usia sekolah di Desa Sukaluyu terbiasa membaca. Sehingga terbebas dari ancaman putus sekolah. Dengan mengusung #BacaBukanMaen, TBM Lentera Pustaka berusaha memperkuat pengetahuan dan wawasan anak-anak melalui bacaan. Sebagai sarana untuk membentuk karakter dan budi pekerti baik anak-anak Indonesia.

Salam literasi

Berita Terkait