Paparkan 7 Hasil Riset Kemaritiman, Prodi Sosiologi UNM Gelar Seminar Sosiologi Maritim

UNM
Paparkan 7 Hasil Riset Kemaritiman, Prodi Sosiologi UNM Gelar Seminar Sosiologi Maritim

Terkini.id, Makassar – Prodi Sosiologi Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar seminar sosiologi maritim pada Selasa, 10 Desember 2019, bertempat di ballroom Gedung Phinisi.

Kegiatan yang merangkum tujuh hasil riset kemaritiman ini dikemas dengan tema “Jagad maritim dalam semesta sosiologi”.

Kegiatan ini dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial UNM yang diwakili oleh Dr. Najamuddin, M.Hum. Dalam sambutannya, ia menyampaikan pentingnya kegiatan seminar ini sebagai inisiasi prodi sosiologi untuk terus menghidupkan iklim akademik di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial UNM.

Idham Irwansyah, S.Sos., M.Pd. selaku Ketua Prodi Sosiologi mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan bagian pengembangan kepekaan sosial khususnya bagi mahasiswa dalam bentuk metode ilmiah sebagai segemen masyarakat yang rasional.

Forum dalam seminar ini semakin berbobot dengan kehadiran narasumber Dr. Ansar Arifin, M.Si. yang memaparkan jagad maritim dalam perspektif sosial-kultural.

Menarik untuk Anda:

Ketua Program S3 Antropologi Unhas ini memaparkan beberapa hasil risetnya terkait dengan fenomena kemaritiman.

Satu diantaranya yang cukup menarik dalam temuan Ansar adalah bahwa tidak ada satupun program pemerintah yang bisa menembus dan bisa menggoyahkan struktur sosial nelayan dalam bentuk patron-klien.

“Padahal sistem bagi hasil dalam patron klien adalah sebab kelanggenan kemiskinan yang melanda semua sawi yang bekerja sebagai nelayan,” ujarnya.

Selain itu, ia juga menunjukkan kelemahan sistem sosial yang berlaku bagi sawi tidak jelas standar jam kerjanya.

“Sawi tidak memiliki pendapatan yang cukup padahal mereka memiliki beban kerja melebihi buruh pada umumnya,” terangnya.

Namun, kata dia, kondisi tersebut tetap saja langgeng hingga hari ini karena para sawi sudah terlanjur terperangkap dalam sistem relasi yang dikendalikan sepenuhnya oleh punggawa darat.

Seminar sosiologi maritim ini tidak hanya berlangsung satu arah, mahasiswa yang sebelumnya melakukan riset dalam kelompok kecil juga berkesempatan memaparkan hasilnya di hadapan seluruh mahasiswa Prodi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial UNM.

Adapun tujuh masalah yang dipaparkan sebagai hasil temuan mahasiswa yakni etos kerja masyarakat maritim, kesadaran ekologi, ritual kkomunitas pembuat perahu, ekowisata, pengembangan masyarakat maritim, solidaritas nelayan, dan kontestasi pengetahuan lokal dalam jagad maritim.

Dari tujuh hasil riset yang dipaparkan akan dipublikasikan dalam bentuk artikel dalam waktu dekat. Adapun versi fisiknya bisa diproleh di Prodi Sosiologi UNM dalam bentuk laporan penelitian.

“Hasil riset ini akan terus diperbaharui dengan kegiatan riset selanjutnya yakni pada kegiatan kuliah lapangan sosiologi maritim yang akan datang,” ujar Ketua Prodi Sosiologi, Idham Irwansyah.

Citizen Reporter: Aris Anw

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Wujudkan PT Terbaik, UIM Bersiap Terapkan Standar Manajemen Kinerja Internasional

Dosen UMI Gelar Pelatihan Public Speaking di Pesantren Mizanul Ulum Takalar

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar