Pembangunan Makassar Melaju Pesat, Taufiek: Abai Lingkungan

Staf Ahli Bidang II Pemerintah Kota Makassar, Taufiek Rakhman

Terkini.id, Makassar – Staf Ahli Bidang II Pemerintah Kota Makassar, Taufiek Rakhman menilai pembangunan yang melaju pesat di Kota Makassar pada sektor industri, perumahan, perhotelan, serta aktifitas jasa dan perdagangan memberikan keuntungan secara ekonomi.

Namun, kata dia, pembangunan tersebut abai terhadap faktor lingkungan. Dia mengatakan peranan teknologi dan informasi menjadi pemicu lantaran menawarkan kemudahan.

“Kondisi Kota Makassar sekarang ini menunjukkan pembangunan yang pesat. Didukung oleh kemudahan dibalik informasi dan teknologi, memberikan keutungan ekonomis. Namun menyisakan masalah yang menyangkut perikehidupan manusia dengan makhluk lain dan keseimbangan di antaranya,” ujar Taufiek, Selasa, 22 Oktober 2019.

Menurut dia, perhatian pada lingkungan hidup harus ditempatkan sejak awal proses penetapan rencana pembangunan sampai dengan pelaksanaan.

“Masih banyak kebijakan, rencana pembangunan, program kerja yang tidak mengintegrasikan pertimbangan lingkungan hidup. Kemampuan data dukung dan tampung lingkungan. Kita harus ada dalam tahap awal formulasi kebijakan pembangunan,” ujarnya.

Taufiek menyatakan, kebutuhan harus menyesuaikan dengan ketersediaan daya tampung dan daya dukung. Sebab hal ini menyangkut keberlanjutan kehidupan makhluk hidup.

Salah satu yang menjadi fokus, kata dia, yakni berkurangnya daya tampung persediaan air, akibat terkikisnya ruang penyerapan. Akibatnya, genangan di kala musim penghujan sering terjadi, sedangkan saat kemarau menjadikan tanaman menjadi kering.

“Contoh, (musim) kemarau ini sering terjadi kebakaran alang-alang di Makassar, karena tanaman kering. Gampang terbakar. Kita tidak mau masalah ini terus terulang dan menjadi persoalan lingkungan,” tutup Taufiek.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Makassar

KPU Luncurkan Pilwali, Maskot dan Jingle

Terkini.id -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar meluncurkan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Makassar 2020, di Pasar Segar, Jalan Pengayoman, Jumat 8 November