Masuk

Pemkab Maros Gelar Apel Siaga Bencana, Pastikan Alat Kebencanaan Berfungsi Baik

Komentar

Terkini.id, Makassar – Pemerintah Kabupaten Maros menggelar apel siaga bencana tahun 2022 di Lapangan Pallantikang, Senin, 21 November 2022. 

Apel yang dipimpin langsung oleh Bupati Maros AS Chaidir Syam dan dihadiri oleh Wakil Bupati Maros Suhartina Bohari, Ketua DPRD Maros Patarai Amir, Kapolres Maros, Komandan Kodim 1422 ini memastikan kelengkapan kesiapsiagaan bencana. 

Menurut Chaidir, berdasarkan peta rawan bencana, ada beberapa kecamatan yang menjadi langganan bencana khususnya banjir. 

Baca Juga: PAD Capai 112 Persen, Bupati Maros Beri Penghargaan Andi Rosman

“Seperti kecamatan Maros Baru karena luapan air sehingga terjadi banjir, dan kecamatan Lau serta Bantimurung. Kemudian ada kecamatan Tompobulu, Camba dan Cenrana yang rawan bencana longsor,” ujar Chaidir. 

Apel ini juga sekaligus mengecek seluruh peralatan SAR pada masing-masing instansi agar peralatan tersebut siap pakai pada saat dibutuhkan dalam penanggulangan bencana alam. 

“Jangan sampai saat ada bencana justru peralatan SAR tidak bisa dipakai karena rusak, misalnya perahu, karetnya bocor atau mesinnya rusak. Inilah apel siaga ini kita gelar untuk memastikan seluruh peralatan kebencanaan berfungsi dengan baik,” jelas ketua PMI Maros ini. 

Baca Juga: Tingkatkan Kapasitas Kepariwisataan, Pemkab Maros Teken MoU dengan LSP Pariwisata Anging Mammiri

Chaidir menambahkan, untuk 6 kecamatan yang beberapa waktu lalu terendam banjir telah disiagakan posko-posko banjir di tiap kecamatan. Pihak pemerintah bersama TNI, Polri dan stakehorder lainnya serta relawan telah berkoordinasi untuk penanganan banjir. 

“Kita bersyukur di Maros tidak ada korban jiwa, dan Alhamdulillah banjir 6 kecamatan tersebut sudah surut,” bebernya.