Pemkot Palopo Peringati Hari Olahraga Nasional 2019

Terkini.id. Palopo – Pemerintah Kota Palopo melalui Dinas Pemuda dan Olahraga dalam memperingati Hari Olahraga Nasional (HaOrNas) yang ke XXVI yang dilaksanakan di Lapangan Gaspa Kota Palopo, Minggu, 8 September 2019.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Nuryadin, S.H., MH menyampaikan pelaksanaan kegiatan tersebut selain kegiatan rutin car free day yang dilaksanakan Kota Palopo tiap hari minggu juga dirangkaikan dengan peringatan Haornas yang diperingati setiap 8 September.

“Peringatan Haornas Kota Palopo tahun ini agak berbeda dari sebelumnya karena bertepatan dengan pelaksanaan Festival Keraton Nusantara yang ke XIII di Kota Palopo sebagai tuan rumah,” ungkap Nuryadin.

Lanjut Nuryadin yang juga merupakan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Palopo ini bahwa untuk pelaksanaan Car Free Day bukan hanya melakukan olahraga, tapi juga dilaksanakan olahraga tradisional dan akan terus dikembangkan.

Sementara itu, Asisten I Bidang Pemerintahan Burhan Nurdin pada kesempatan itu membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga RI Imam Nahrawi dimana Haornas tahun ini bertemakan “Ayo Olahraga, Dimana Saja, Kapan Saja”.

Tema tersebut, lanjut Burhan Nurdin, mengandung makna olahraga itu mudah karena dapat dilakukan dimana dan kapan saja, dan menjadi penting agar masyarakat tidak terpaku bahwa olahraga hanya dapat dilakukan di fasilitas olahraga yang tersedia.

“Seperti yang kita ketahui tahun 2018 pada perhelatan Asian Games dan Asian Paragames kita mendapat kado yang istimewa dari para atlet nasional, yani peringkat ke 4 pada Asian Games 2018 dengan perolehan 98 medali yang terdiri dari 31 Emas, 24 Perak dan 43 Perunggu,” jelas Burhan Nurdin.

Ditambahkan Burhan Nurdin, prestasi tersebut pertanda bahwa telah ada penataan pondasi olahraga prestasi yang cukup kuat dan itu dari usia dini sehingga kita memiliki harapan besar untuk membangun olahraga prestasi dan melakukan pembinaan secara berjenjang.

“Tahun ini juga pemerintah telah menyiapkan atlet-atlet yang akan bertanding dalam perhelatan olimpiade dan paralimpiade tahun 2020 yang akan diselenggarakan di Tokyo dimana cabang yang akan dipertandingkan cabang olahraga unggulan yang kita harapkan melampaui target yang ditentukan,” ungkapnya.

Pada kegiatan tersebut juga digelar atraksi dari cabang olahraga bela diri karate. Cabor karate ini merupakan gabungan dari 3 perguruan yaitu perguruan Inkanas yang dipimpin oleh Kapolres Ardiansyah. S. I. K, perguruan Inkado yang dipimpin oleh Dandim 1403 dan Gojukai yang dipimpin oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan. Dimana ketiga perguruan ini dibawahi Forki yang diketuai oleh dr. Syukur Kudus.

Selain atraksi dari karate juga ada atraksi dari Cabor bela diri Taekwondo dan atraksi dari Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Lota Palopo dari perguruan Tapak suci yang diketuai oleh Wakil Walikota Palopo Dr. Rahmat Masri Bandaso. Dan senam sehat yang diikuti oleh struktural pemerintah dan masyarakat.

Pada pelaksanaan rangkaian Haornas 2019 tersebut, dihadiri Kepala Kejaksaan Negeri Kota Palopo, Nur Yalamlan Cayana, SH., MH, perwakilan kapolres, para pimpinan perangkat daerah, organisasi pemuda, serta masyarakat Kota Palopo.

Berita Terkait
Komentar
Terkini