Pemprov Sulsel Kucurkan Rp 200 Miliar untuk Jalur Bua-Rantepao

Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah menjejaki jalan penghubung Bua-Rantepao

Terkini.id — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel kucurkan anggaran sebesar Rp 200 miliar untuk pembangunan jalan dari Bua Kabupaten Luwu menuju Rantepao Kabupaten Toraja Utara.

“Kita butuh Rp 200 miliar, itu dari Bua sampai perbatasan Toraja Utara. Total panjang 40 km. Mungkin 1 km sekitar Rp 5 miliar, 2 jalur. Nanti dari batas Bua-Rantepao ke Kota Rantepao sampai Tedong Bonga itu itu 13 km lagi, jadi total 53 kiloan,” kata Prof Nurdin Abdullah, Kamis 21 November 2019.

Anggaran Rp200 miliar tersebut diketahui bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) provinsi, APBD kabupaten dan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Untuk pembukaan jalan dan pelebaran jalan tersebut sudah memakan anggaran sebesar Rp 40 miliar.

“Iya (Gabung APBN-APBD provinsi dan kabupaten) tahun depan ada dari APBN dan ada dari APBD,” tutur alumni Unhas Makassar ini.

Ditanya mengenai sampai dimana progres pekerjaan jalan tersebut, Prof Nurdin merasa bersyukur sudah sampai 50 persen pembangunan jalan penghubung antara dua daerah tersebut.

“Ini sudah 50 persen, tapi yang kita syukuri aksesnya juga sudah mulai luas jalannya, memang tadi cukup ekstrim karena habis hujan, dan memang belum di-grafel,” ujar mantan Sekjen Apkasi Indonesia ini.

Begitu pun dengan target penyelesaian diperkirakan akan selesai semua tahun ini untuk pembukaan dan pelebaran, sementara untuk aspalnya ditaksir akan dimulai tahun 2020.

“Tahun ini selesai di Desember untuk seluruh pembukaan jalan. 2020 kita akan mulai untuk pengaspalan,” pungkasnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Bantaeng

Pelabuhan Ekspor Akan Dibangun di Bantaeng

Terkini.id -- Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah membeberkan, akan dibangun pelabuhan ekspor di Kabupaten Bantaeng.Hal itu disampaikan Nurdin Abdullah ketika memberikan sambutan pada
Bantaeng

Bantaeng Raih Dua Penghargaan dari OJK

Terkini.id, Bantaeng - Pemerintah Kabupaten Bantaeng meraih dua penghargaan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Sabtu, 26 Oktober 2019. Penghargaan itu diserahkan pada acara Expo Literasi