Penceramah Akan Disertifikasi Wawasan Kebangsaan, Denny Siregar: Yang Ogah, Dilarang Keras Ceramah di Instansi Negara!

Terkini.id, Jakarta – Menteri Agama (Menag), yakni Yaqut Cholil Qoumas, belum lama ini menegaskan perlunya sertifikasi wawasan kebangsaan untuk para penceramah agama.

Hal itu menurut Menag Yaqut mesti dilakukan dalam rangka penguatan moderasi beragama.

Ia menyampaikan bahwa sertifikasi ini terkait dengan penguatan moderasi beragama melalui kompetensi penceramah.

Baca Juga: Ditanya Apa Mau Kembali ke Demokrat, Ferdinand: Kalau Jadi Ketum,...

Apalagi, katanya, jaringan stakeholders dari Kementerian Agama yang berasal dari organisasi ke masyarakat agama dan lembaga dakwah cukup luas dan perlu berkontribusi dalam memecahkan problematika ‘what’.

“Salah satunya dengan melakukan bimbingan kepada para dai dengan menggandeng peran ormas Islam dan lembaga dakwah,” ujar Yaqut dalam Rapat Kerja dengan DPR RI Komisi VIII, dikutip terkini.id dari Okezone pada Senin, 7 Juni 2021.

Baca Juga: Anies Minta LBH Awasi Gubernur Lain, DS: Kayak Anak Sekolah...

Fasilitas pembinaan ini, lanjut Yaqut, untuk meningkatkan kompetensi para dai dalam menjawab dan merespons isu-isu aktual dengan strategi metode dakwah yang menitikberatkan pada wawasan kebangsaan atau sejalan dengan slogan Hubbul Wathon Minal Iman.

“Pelaksanaan bimbingan teknis kepada para dai juga sejalan dengan upaya penguatan moderasi beragama yang dicanangkan dalam RPJMN 2020-2024.”

Saat ini, Yaqut mengatakan bahwa moderasi beragama telah menjadi bagian dari arah kebijakan dan strategi Pemerintah menuju revolusi mental dan pembangunan kebudayaan.

Baca Juga: Anies Minta LBH Awasi Gubernur Lain, DS: Kayak Anak Sekolah...

Nah, menanggapi hal tersebut, pegiat media sosial Denny Siregar pun tampak memberi dukungan penuh.

“Sesudah sukses dgn @KPK_RI semoga tes wawasan kebangsaan di kalangan penceramah ini juga bisa berhasil,” tulisnya, dikutip terkini.id pada Senin, 7 Juni 2021, via Twitter.

Ia lalu melanjutkan bahwa penceramah yang nantinya tidak mau mengikuti sertifikasi wawasan kebangsaan tidak boleh berceramah di instansi negara.

“Minimal, penceramah yang tidak mau disertifikasi, dilarang keras untuk ceramah di masjid2 @KemenBUMN, Kementrian2 dan instansi negara,” pungkas Denny Siregar.

Bagikan