Makassar Terkini
Masuk

Singgung Riba, Pendakwah UAS: Haram Terima Beasiswa dari Bank Konvensional

Terkini.id, Jakarta – Pendakwah kondang, Ustadz Abdul Somad atau akrab disapa UAS dalam sebuah video ceramahnya menyebut hukum menerima beasiswa dari bank konvensional haram lantaran hal itu merupakan riba.

Ceramah UAS singgung riba terkait beasiswa dari bank konvensional itu diunggah kanal YouTube Keindahan Islam, seperti dilihat Terkini.id pada Sabtu 30 Juli 2022.

Dalam video berjudul ‘Memanggil Papa Mama apakah boleh pak ustadz?’ yang tayang pada 4 tahun silam itu, tampak Ustadz Abdul Somad tengah ceramah di atas mimbar.

Pada menit ke 2.20′ dalam video itu, terlihat UAS membacakan pertanyaan dari seorang jemaah yang tertulis di secarik kertas.

Jemaah itu bertanya kepada Ustadz Somad apa hukumnya dalam Islam menerima beasiswa dari bank konvensional.

“Apa hukumnya kita menerima beasiswa dari bank konvensional?,” kata UAS membacakan pertanyaan jemaah itu.

UAS pun dengan lantang menyebut haram hukumnya dalam Islam menerima beasiswa dari bank konvensional.

“Haram. ‘Ustadz kan bilang haram karena tak dapat (beasiswa)’. Pokoknya haram,” tegas Ustadz Abdul Somad.

Menurut Abdul Somad, menerima beasiswa dari bank konvensional itu merupakan perbuatan riba. Ia pun dengan tegas menyebut sejumlah hal yang dilaknat oleh Allah SWT terkait riba tersebut.

“Allah melaknat yang makan riba, yang memberikan makan, yang memakan, menulis pegawai administrasinya, kedua orang saksi, kena juga,” ujar UAS.

Saat berita ini ditayangkan, belum ditemukan klarifikasi dari Ustadz Abdul Somad terkait video ceramahnya soal hukum menerima beasiswa dari bank konvensional itu.