Peneliti Sebut Ratusan Orang Meninggal Akibat Hoaks dan Teori Konspirasi Covid-19

Data hoaks terkait Covid-19. (Foto: Kominfo)

Terkini.id, Jakarta – Sebuah studi penelitian yanh dipublikasikan dalam The American Journal of Tropical Medicine and Hygiene menyebut sekitar 800 orang di dunia meninggal akibat hoaks dan teori konspirasi terkait Covid-19.

Dalam studi tersebut, sekelompok peneliti penyakit menular internasional menganalisis berbagai media sosial dan situs berita untuk mengetahui bagaimana misinformasi terkait Covid-19 menyebar di internet.

Melansir laman ScienceAlert, Kamis, 13 Agustus 2020 lewat kompascom, para peneliti menemukan sebanyak 2.300 laporan hoaks dan teori konspirasi Covid-19 dalam 25 bahasa di 87 negara.

Menurut mereka, mayoritas dari jumlah laporan hoaks dan teori konspirasi tersebut berpotensi menyebabkan kematian.

Salah satu contohnya yakni mitos bahwa mengonsumsi alkohol berkonsentrasi tinggi bisa membersihkan tubuh dari virus corona.

Menarik untuk Anda:

Mitos yang tersebar di berbagai negara, termasuk Iran dan Turki, ini menyebabkan 800 orang meninggal dunia, 5.876 harus dirawat di rumah sakit 60 orang menjadi buta setelah mengonsumsi metanol.

Selain di Iran dan Turki, hal serupa juga terjadi di Qatar dimana dua orang meninggal akibat meminum cairan disinfektan dan hand sanitizer berbahan alkohol.

Para peneliti pun menyebut bahwa hoaks yang beredar dengan bebas di media sosial dan internet tersebut merupakan masalah besar yang harus dilawan

Maka dari itu, studi penelitian tersebut meminta agar otoritas kesehatan di seluruh dunia dapat mengawasi informasi terkait Covid-19 yang beredar di media sosial dan internet.

“Agensi-agensi kesehatan harus mengawasi misinformasi terkait Covid-19 secara real time, dan melibatkan komunitas lokal dan pemangku kepentingan di pemerintahan untuk mengekspos misinformasi,” demikian tertulis dalam laporan penelitian tersebut.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Ngamuk ke Petugas Saat Razia Masker, Wanita di Makassar: Saya Ini Tidak Waras

Menolak Ditilang Polisi, Siswi SMP Dibawa ke Hotel dan Disetubuhi

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar