Pengamat Soroti Jalanan Jakarta Rusak karena Sumur Resapan, Netizen Sentil Anies: Hasil Tipu-Tipu ala Kadrun Kibul!

Terkini.id, Jakarta – Belum lama ini, seorang pengamat kebijakan publik bernama Agus Pembagio menyoroti sejumlah jalanan di DKI Jakarta.

Pasalnya, jalanan-jalanan tersebut saat ini banyak yang rusak (tidak rata alias bergelombang) akibat dari pembangunan sumur resapan.

“Sekarang jalan di Jakarta sudah tidak rata karena banyak sumur resapan yang sekarang diprotes,” tutur Agus dalam sebuah webinar, dikutip terkini.id dari Kompas pada Kamis, 2 Desember 2021.

Baca Juga: Anies-Amran Akan Duet di Pilpres 2024, Pengamat: Semua Serba Mungkin...

Agus menyebutkan, sebenarnya pembangunan sumur resapan tidak perlu menjadi kontroversi seandainya dilakukan dengan benar.

Katanya, jika saja qPemprov DKI serius mengatasi banjir dengan sumur resapan, maka letak pembangunan pasti akan dilakukan lebih baik.

Baca Juga: Kenapa PSI Doyan Kritik Anies? Hendri Satrio: PSI Itu Bagian...

“Jadi, apakah betul mengurangi banjir? Itu hal-hal yang sebenarnya bisa dihindari.x

Menurut Agus, Pemprov DKI Jakarta bisa memperbaiki kebijakan sumur resapan dengan cara melakukan penghijauan dan pembangunan taman.

Selain menekan banjir dengan pembangunan area hijau, Agus juga menyebut taman bisa memperbaiki gaya hidup masyarakat di kawasan kumuh.

Baca Juga: Kenapa PSI Doyan Kritik Anies? Hendri Satrio: PSI Itu Bagian...

“Kita banyak kawasan kumuh, harus ada taman karena tanpa taman, orang hanya di kamar di rumah petak. Orang bikin anak terus,” tandasnya.

Selain Agus, jalanan yang rusak akibat sumur resapan juga ditanggapi oleh Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi.

Prasetio mengatakan bahwasanya pembangunan sumur resapan di kawasan Adityawarman, Jakarta Selatan, merusak kontur jalan dan menghambat arus lalu lintas.

Menurutnya, sumur resapan yang didesain untuk memasukan air hujan ke tanah tidak efektif diterapkan di Ibu Kota. Bahkan justru membuat jalanan yang semuanya mulus menjadi tak rata bergelombang sehingga merugikan pengguna jalan.

Nah, menanggapi hal tersebut, banyak netizen yang tampak meluapkan kekesalan dengan menyentil pedas Gubernur DKI Jakarta, yakni Anies Baswedan.

“Hasil Tipu2 ala QADRUN QIBUL,” tanggap akun MFact***.

“Sumur resapan program nya anies malah bikin rusak jalan dan pemandangan kota jadi amburadul. Sumur resapan enggak ada manfaatnya malah bikin jalan ambles nantinya. Ini belum ada gempa, pasti jalan² yg ada sumur resapan pasti pada ambles semua jalannya, bahkan bangunan sekitar sumur sangat berbahaya. Sumur resapan enggak ada manfaatnya, coba pikir, kl sudah banjir, didalam tanah sudah penuh air, terus air banjir itu apa bisa masuk sumur kedalam sumur resapan??? Sungguh enggak ada manfaatnya sama sekali malah bikin rusak jalan dan bangunan,” omel akun Putrabr***.

“Kita komen jelek dibilang buzzer,tp kadrun ga mikir kadang ni org kerjanya kpn bs bener selaen abisin anggaran? Ini aja jelas hal remeh soal proyek sumur resapan,ini membangun/merusak? wkwkwk,” timpal akun Penikmatse***.

Bagikan