Makassar Terkini
Masuk

Kubu Habib Rizieq Shihab Beri Sinyal Tidak Dukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024

Terkini.id, Jakarta – Kubu Habib Rizieq Shihab disebut tak akan mendukung Prabowo Subianto dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Hal ini dikatakan Damai Hari Lubis, advokat senior yang juga tokoh Persaudaraan Alumni (PA) 212.

Damai Hari Lubis mengatakan, ada beberapa alasan yang menyebabkan kubu Habib Rizieq Shihab tak kembali mendukung Prabowo Subianto.

Salah satu alasan paling menonjol, menurut Damai Hari Lubis, Ketua Umum Partai Gerindra itu sudah mengkhianati perjuangan yang dijanjkan.

Damai Hari Lubis menyinggung janji Prabowo jika menang Pilpres 2019 akan jemput Habib Rizieq Shihab ke Arab Saudi dengan pesawat pribadi. Namun, Prabowo kalah.

Tetapi, menurut Damai Hari Lubis, setidaknya mantan Danjen Kopassus itu bisa datang ke Bandara Soetta untuk ikut menjemput Habib Rizieq Shihab.

“Paling tidak, tidak menjemput ke Arab Saudi karena memang janjinya seperti itu. Kalau menang pakai pesawat pribadi. Paling nggak ke Bandara saja, nggak mau,” tutur Damai Hari Lubis seperti dikatakannya di podcast YouTube Refly Harun yang diunggah pada Selasa, 26 Juli 2022.

Tangkapan layar YouTube Refly Harun. (YouTube/Refly Harun)

Damai Hari Lubis pun membandingkan Prabowo Subianto yang mau datang sebagai saksi dalam acara pernikahan putri Anang Hermansyah, tetapi tidak muncul sejak Habib Rizieq Shihab kembali dari Arab Saudi.

Pun saat Habib Rizieq Shihab menikahkan putrinya di Petamburan Jakarta yang berujung hukuman pidana karena kerumunan.

“Dia (Prabowo Subianto) pernah mengakui sebagai orang yang hormat kepada ulama, tentunya Habib Rizieq. Karena dia pernah diundang Ijtima Ulama. Dia diundang 212. Bahkan, dia pernah berjanji mau menjemput,” tutur Damai Hari Lubis.

“Jadi, kawan kita ini masuk karena pernikahan anaknya. Boleh itu pakai bold itu ya. Dia datang ke pernikahan artis. Ke bandara saja, dia tidak datang,” imbuh Damai Hari Lubis.

Kata Damai Hari Lubis, Habib Rizieq Shihab pernah jadi sahabat Prabowo lantaran mendukung di Pilpres 2019. Tetapi, seolah-olah hal itu tak terlihat dalam sikap politik Prabowo sejak jadi bagian pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Dengan alasan itu, Damai Hari Lubis menyebut bingung jika mendukung Prabowo kembali mencalonkan diri dalam Pilpres 2024.

“Masak kita mau dukung lagi. Logika saya nggak sehat kalau mendukung. Tapi, walau bagaimana kuncinya tetap ada di Habib Rizieq juga,” kata Damai Hari Lubis.

Lantas, Refly Harun bertanya, jika Habib Rizieq Shihab beri instruksi untuk dukung Prabowo Subianto, Damai pun menjawab

“Ya, terpaksa, mau nggak mau. Tapi, saya rasa nggak mungkin beliau (Habib Rizieq Shihab) mendukung,” ujar Damai Hari Lubis.

Sementara, Damai Hari Lubis memiliki pilihan sendiri dalam Pilpres 2024.

“Kalau pendapat pribadi, saya dukung Anies Baswedan, karena bagus menata DKI Jakarta, wawasan berpikirnya luas, bijak, cara bicaranya bagus,” tegas Damai Hari Lubis.