Pensiun Tanpa Pernah Kalah, Khabib: Ketika Allah Bersamamu Tak Ada yang Bisa Menghancurkanmu

Khabib Nurmagomedov
Petarung UFC Khabib Nurmagomedov. (Bolasport.com)

Terkini.id, Jakarta – Petarung Ultimate Fighting Championship (UFC) Khabib Nurmagomedov memutuskan pensiun setelah menang melawan Justin Gaethje pada pertarungan yang dihelat di Fight Island, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Minggu 25 Oktober 2020.

Dengan kemenangan tersebut, Khabib Nurmagomedov mencatat rekor 29 kali kemenangan dan tak pernah kalah selama karirnya di ajang UFC.

Setelah pertandingan melawan Gaethje, Khabib pun langsung merayakan kemenangannya dengan bersujud sambil menangis.

“Alhamdulillah, pertama-tama aku ingin mengucapkan Alhamdulillah, Tuhan sudah memberiku segalanya,” ujar Khabib sesaat setelah pertarungannya dengan Gaethje usai.

“Terima kasih kepada orang-orang yang sudah membersamaku dan ayahku selama lebih dari 20 tahun. Kepada timku, AKA, kepada Coach Jav. Aku sangat mencintai kalian. Terima kasih,” sambungnya.

Menarik untuk Anda:

Selain itu, beberapa jam setelah menang, petarung asal Dagestan ini juga menuliskan pesan dalam akun instagram miliknya.

Khabib berterima kasih pada Abdulmanap sekaligus berharap sang ayah mendapat tempat terbaik.

“Ketika Allah bersamamu, tidak ada yang bisa menghancurkanmu, tidak ada,” tulis Khabib Nurmagomedov.

“Terima kasih ayah atas segalanya, kamu mengajarkan segala hal dalam hidup. Semoga Allah memberikanmu tempat tertinggi di surga,” tulisnya lagi.

Diketahui, pertandingan tersebut adalah pertarungan pertama Khabib sejak ayah dan pelatih kepalanya, Abdulmanap, meninggal pada Juli karena komplikasi Covid-19.

Setelah pertandingan itu, ia mengumumkan pengunduran dirinya dari dunia seni bela diri campuran.

Pria berusia 32 tahun itu mengatakan, ibunya tidak ingin dia bersaing tanpa ayahnya. Namun, Khabib mengatakan kepada ibunya, ini akan menjadi pertarungan terakhirnya. 

“Saya berjanji padanya bahwa ini akan menjadi pertarungan terakhir saya. Jika saya memberikan kata-kata saya, saya harus mengikuti ini,” ujar Khabib Nurmagomedov, Minggu 25 Oktober 2020 seperti dikutip dari ABC News.

Saat ini, ESPN menempatkan Khabib Nurmagomedov sebagai petarung MMA pound-for-pound teratas di dunia, dengan Gaethje di urutan kedelapan di kelas ringan.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Rizieq Shihab Dipanggil Polisi, Video Seruan Jihad Lewat Azan Beredar

Update Covid-19 per 30 November: Kasus Positif Tambah 4.617 Pasien, Total 538.883

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar