Pertikawan Nasional 2019 Resmi Dibuka, Kontingen SulSel Terbanyak

Terkini.id, Jakarta –Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dan KLHK mengadakan Perkemahan Bakti Satuan Karya Pramuka Kalpataru dan Wanabakti (PERTIKAWAN) Nasional di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur pada, Senin 18-25 November 2019.

Kegiatan ini diikuti 3000 pramuka penegak dan pandega utusan kwartir daerah di Indonesia. Tujuan PERTIKAWAN. ini sebagai wahana mengaplikasikan keterampilan dan memberikan kecakapan bagi anggota Satuan Karya (Saka) Wanabakti dan Kalpataru.

Menteri Siti Nurbaya dalam pembukaan kegiatan tersebut menyampaikan bahwa pramuka sangat dekat dengan gerakan sosial, oleh karena itu, Ia berharap pramuka dapat turut serta dalam perbaikan lingkungan hidup demi kelangsungan hidup di masa mendatang.

“Dengan mengajak gerakan Pramuka Indonesia untuk menjadi lokomotif perbaikan dan pemeliharaan lingkungan hidup di negeri ini. “Pramuka Sebagai Green Inspirator”, ujar Menteri Siti.

PERTIKAWAN tahun ini, akan ada 3 isu yang dibahas, pertama, meningkatkan pengetahuan dan pemahamannya di bidang isu-isu generasi milenial, pendidikan kepramukaan dan juga isu-isu global maupun lokal tentang lingkungan hidup dan kehutanan.

Kedua, berkembang sikap dan karakter positif, empati serta apresiasinya terhadap masalah dan jalan keluar penanganan isu-isu generasi milenial, pendidikan kepramukaan dan juga isu-isu global maupun lokal tentang lingkungan hidup dan kehutanan.

Ketiga, berkembang kemampuan dan keterampilannya didalam menghasilkan karya-karya yang bermanfaat, produktif dan solutif bagi penanganan isu-isu generasi milenial, pendidikan kepramukaan dan juga isu-isu global maupun lokal tentang lingkungan hidup dan kehutanan.

Dalam penutupnya, Menteri Siti berharap melalui kegiatan PERTIKAWAN ini, para pramuka akan menjadi pioner dan tauladan yang menerapkan prinsip hidup ramah lingkungan hingga ke generasi berikutnya.

“Saya minta semangat pramuka harus tetap muda, harus selalu produktif dalam berkarya, inovatif, dan kreatif. Pramuka harus selalu menjadi yang terdepan dan teladan bagi generasi muda lainnya dalam pelestarian lingkungan dan hutan”, tutup Menteri Siti.

Dalam kegiatan ini, Kwarda SulSel mengirim utusan terbanyak sebanyak 214 anggota Pramuka, dari 14 Kwarcab dan dua sekolah adiwiyata.(*)

Berita Terkait