Masuk

Petugas BKKBN Imbau Ibu-ibu Jangan Hamil Dulu Saat Pandemi Covid-19

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Viral di media sosial video seorang petugas Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Bangka Belitung mengimbau kepada ibu-ibu agar tidak hamil dulu di masa pandemi COVID-19.

Dilihat dari video yang beredar, Rabu 20 Mei 2020, tampak seorang petugas BKKBN menyampaikan imbauan tersebut lewat pengeras suara dari dalam mobil BKKBN Bangka Belitung.

Sang petugas BKKBN dalam video itu diketahui berasal dari Puskesmas Kecamatan Batam, Kepulauan Bangka Belitung.

Baca Juga: Perwakilan BKKBN Sulsel Rakor Percepatan Penurunan Stunting di Jeneponto

“Ibu-ibu kami dari perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Puskesmas Kecamatan Batam ingin mengimbau sekali lagi kepada seluruhnya masyarakat Kecamatan Batam jangan hamil dulu di masa pandemi Covid ini,” ujar petugas pria tersebut.

Dalam video itu, petugas ini juga mengingatkan ibu-ibu akan bahaya hamil saat pandemi Corona.

Menurutnya, hamil muda sangat rawan banyak keluhan, dan bisa dengan mudah terpapar virus COVID-19.

Baca Juga: BKKBN Akui Provinsi Sulsel Tercepat Bentuk Tim Penurunan Sunting

“Ingat, hamil muda itu rawan banyak keluhan. Ibu-ibu bisa mual dan muntah dan mudah terserang Covid-19. Tunda hamil dulu. Kawin boleh, nikah boleh, hamil jangan,” ucapnya.

Selain mengimbau kepada ibu-ibu, sang petugas juga meminta kepada para suami agar bersabar mendapat momongan di tengah pandemi Corona.

Ia pun sekali lagi menyampaikan bahwa menikah dan kawin diperbolehkan, asalkan saat berhubungan intim menggunakan alat kontrasepsi.

“Bapak-bapaknya sabar dulu. Boleh nikah, boleh kawin asal pakai kontrasepsi,” ujar sang petugas.