Masuk

PLB KIMA-SGL Beri Banyak Kemudahan Bagi Pelaku UMKM

Komentar

Terkini.id, Makassar – Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) kerap kali terkendala dalam proses penyimpanan barang. Mereka terkadang harus menyewa gudang besar dengan barang yang tak terlalu banyak. Akibatnya, ongkos logistik menjadi besar. 

Salah satu solusi yang bisa dimanfaatkan yakni PLB KIMA-SGL. Kepala Pemasaran PT. KIMA, Suryadi menyampaikan Pusat Logistik Berikat (PLB) merupakan gudang multifungsi untuk menimbun barang impor maupun ekspor. 

Adapun sejumlah keunggulan yang ditawarkan, antara lain, memberi kemudahan fasilitas perpajakan dan kepabeanan. 

Baca Juga: Dukung UMKM Naik Kelas, PNM Gelar Pelatihan Bagi Ratusan Community Leaders Indonesia Timur

”PLB memiliki banyak manfaat di antaranya berupa penangguhan bea masuk, penangguhan pajak, penangguhan izin impor, kepemilikan barang yang fleksibel,” ungkap Suryadi, Kamis, 28 Januari. 

Selain itu, keunggulan yang lain yakni angka waktu timbun barang yang fleksibel (3 tahun atau lebih) yang diawasi dengan sistem security berbasis IT dan Warehouse Management System (WMS) secara real time 24 Jam, dan serta asal dan tujuan barang yang fleksibel (impor, lokal, ekspor).

Dengan hadirnya PLB, Suryadi berharap dapat menurunkan biaya logistik yang tinggi, pengembangan existing business model, menurunkan tingkat dwelling time, dan perluasan jalur impor atau ekspor industri kecil menengah. 

Baca Juga: Geliatkan Ekonomi Melalui UMKM, PKK Sulsel Gelar Jambore di Selayar

”Harapan jangka panjangnya kehadiran PLB KIMA-SGL ini dapat memajukan industri di tanah air,” ungkapnya. 

Sementara, Senior Manager Pengembangan Bisnis PLB, Stephen Susanto menyampaikan pelaku usaha khususnya UMKM yang menggunakan PLB terbantu dengan banyak hal.
Sembari UMKM menawarkan barang ke calon pembeli, barang mereka juga aman di tempat penyimpanan. 

”Bahkan di PLB kita dapat berfungsi sebagai marketing juga mencarikan pembeli produk dari pelaku UMKM yang menyimpan barang mereka,” pungkasnya.