PLT Gubernur Sulsel Beri Penghargaan ke Nipah Mall Atas Dedikasi Pembinaan Olahraga

Terkini.id, Makassar – Pemerintah Sulawesi Selatan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada sejumlah tokoh dan perusahaan yang selama ini berkontribusi dan peduli terhadap peningkatan prestasi olahraga nasional. Salah satunya, NIPAH. Perusahaan yang berada dibawah naungan KALLA ini, memperoleh penghargaan atas dedikasi dan perhatiannya dalam kemajuan pembinaan sejumlah cabang olahraga. 

NIPAH berhasil meraih penghargaan karena telah mendukung sarana dan prasarana olahraga berprestasi seperti Basket, Anggar, Karate, Taekondo, dan beberapa cabang olahraga lainnya.

Penghargaan oleh Presiden RI Joko Widodo ini diberikan pada puncak peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke 38 yang digelar, Kamis 9 September 2021. Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dalam hal ini PLT Gubernur kemudian menjadi perwakilan yang memberikan melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga dalam rangka Hari Olahraga Nasional (Haornas) tahun 2021.

Baca Juga: ITB Kalla Terima 59 Mahasiswa Baru Tahun Ini, Rektor Sebut...

Richard Abraham, selaku Property Management General Manager Kalla Inti Karsa mengungkapkan rasa bangga. Ia menuturkan bahwa NIPAH sejak didirikan telah berkomitmen untuk menyediakan ruang terbuka hijau bagi seluruh masyarakat. Ia menambahkan bahwa NIPAH hadir sebagai ruang untuk segala aktivitas publik, termasuk berolahraga.

“Terima kasih atas penghargaan yang diberikan kepada NIPAH. Kami sangat bangga menerima penghargaan ini. Penghargaan ini akan menjadi motivasi bagi NIPAH untuk terus aktif dalam memberikan ruang bagi siapa saja yang ingin memanfaatkan ruang terbuka. NIPAH berkomitmen untuk tak hanya menjadi pusat perbelanjaan, namun juga pusat dari seluruh kegiatan olahraga di Kota Makassar,” pungkasnya.

Baca Juga: Urus Izin Mengemudi Bisa di Mal, Gerai SIM Resmi Hadir...

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulsel, Andi Arwin Azis mengatakan bahwa di sektor usaha, apresiasi diberikan kepada Kalla Inti Karsa selaku pengelola NIPAH. Arwin menyebut, sejak pandemi Covid-19, NIPAH menjadi satu-satunya pusat perbelanjaan yang menyiapkan area khusus olahraga. Ia berharap, ruang publik atau pusat perbelanjaan lain dapat mengadaptasi apa yang dilakukan manajemen NIPAH tersebut. Sebab, olahraga, bukan hanya urusan pemerintah.

“Beberapa cabor disiapkan tempat berlatih (venue) di Nipah Mall seperti anggar, karate, panahan, dan basket. Nipah termasuk mall yang adaptif terhadap kebutuhan berolahraga. Mall ini telah membantu Pemerintah dalam membudayakan dan pemassalan olahraga di tengah-tengah masyarakat. Sehingga Gubernur patut mengapresiasi dengan memberikan penghargaan,” tutur Arwin.

MaRI dan NIPAH kembali beroperasi dari pukul 10.00 pagi hingga 20.00 malam dengan beberapa persyaratan. Pengunjung di area mal diizinkan dengan kapasitas 50%. Kapasitas tenant food and beverages 25% untuk makan di tempat. Setiap meja makan dikhususkan untuk 2 orang pengunjung saja. Satu hal yang menjadi perhatian khusus, pengunjung yang diperbolehkan untuk mengakses area mal berusia 17-20 tahun, dan telah melakukan vaksin minimal dosis pertama.

Baca Juga: Urus Izin Mengemudi Bisa di Mal, Gerai SIM Resmi Hadir...

Sebelum memasuki area mal, pengunjung wajib mengunduh aplikasi Peduli Lindungi. Setelah itu, pengunjung harus memasukkan data diri, dan memindai kode di setiap akses mall yang disediakan. 

Pengunjung akan mendapatkan tiga jenis informasi sesuai dengan status vaksin masing-masing. Status berwarna merah berarti belum divaksin, dan tidak dapat memasuki area mal, sedangkan warna kuning, dan hijau dapat mengakses dan memasuki area MaRI dan NIPAH.

NIPAH berkomitmen untuk terus mendukung  program pemerintah dalam menekan kasus Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat antara lain; wajib mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer, pengukuran suhu tubuh pada seluruh akses dan pengunjung wajib mengenakan masker selama berada di area mal. 

Desinfeksi rutin juga telah konsisten diterapkan di seluruh area. Pelayanan parkir kini telah menggunakan sistem touchless sehingga lebih aman dan nyaman bagi pengunjung setia.

Bagikan