Polbangtan Gowa Beri Bantuan Perangkat TI YESS Programme ke 6 BPP di Kabupaten Maros

Dalam berbagai kesempatan, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa SDM pertanian merupakan garda terdepan dalam pembangunan pertanian. SDM pertanian andal kualitas, maju, modern, dan berjiwa wirausaha pertanian merupakan kunci utama keberhasilan pembangunan pertanian menuju ketahanan dan kedaulatan pangan.

Saat ini, pelaku pertanian di Indonesia, sebagian besar sudah berusia lanjut. Hanya 30% penggerak pertanian adalah petani muda, yang merupakan petani milenial. Petani milenial ini rata-rata sudah berpendidikan tinggi, serta kreativitas mereka tinggi. Apalagi saat ini, pertanian masuk dalam industri 4.0 dari hulu sampai dengan hilir sehingga peran petani milenial merupakan suatu keharusan karena merupakan modal Indonesia membangun pertanian di masa yang akan datang. 

Menyambung arahan Mentan, dalam kesempatan yang berbeda, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi mengungkapkan bahwa saat ini Kementan mempunyai berbagai program regenerasi petani terkait pencetakan petani milenial, pembentukan wirausaha muda pertanian yang andal, berdaya saing, dan profesional.

Salah satu program tersebut adalah Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS) yang dibiayai oleh International Fund for Agricultural Development (IFAD). YESS dirancang untuk mencetak petani milenial menjadi wirausahawan pertanian dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan di perdesaan wilayahnya.

Mungkin Anda menyukai ini:

YESS juga memfasilitasi akses jaringan pemasaran dan jaringan pelayanan perbankan. Keberhasilan pelaksanaan YESS akan menjadi percontohan dan tolok ukur (benchmark) untuk pelaksanaan program pengembangan pemuda tani dan kewirausahaan muda di tingkat nasional maupun internasional.

Baca Juga: Dr. Syaifuddin Buka Bimtek Penulisan Buku: Bagi Dosen, Jurnal dan...

Program YESS sendiri bertujuan untuk menciptakan petani milenial andal dan profesional yang memiliki usaha di bidang pertanian. Khususnya di wilayah perdesaan untuk mengembangkan ekonomi mereka melalui kewirausahaan/ pengembangan usaha atau dengan menambah lebih banyak lagi peluang kerja bagi mereka sehingga dapat meningkatkan kontribusi mereka untuk mentransformasi wilayah perdesaan secara berkelanjutan dan menyeluruh.

Untuk mencapai program tersebut, Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa melalui program YESS memberikan bantuan fasilitas kepada beberapa BPP model salah satunya BPP Maros. Adapun fasilitas yang diberikan berupa komputer jinjing, LCD, printer, serta PC All In One kepada 6 BPP Kabupaten Maros yakitu BPP Lau, BPP Moncongloe, BPP Bantingmurung, BPP Canrana, BPP Maros Baru, dan BPP Tanralili.
Fasilitas diberikan langsung ke kantor BPP masing-masing oleh LO YESS Kabupaten Maros Ramli, SP, MP dan diterima langsung oleh kepala BPP masing-masing.

Bagikan