Popularitas Adnan Purichta 99,2 persen, Tingkat Dukungan 78,6 persen

Direktur Eksekutif JSI, Fajar S Tamin (Tengah) dan pengamat politik Firdaus Muhammad (kanan) hadir pada pemaparan survei Pilkada Gowa, di Makassar, Rabu 4 Maret 2020.

Terkini.id — Lembaga survei Jaringan Suara Indonesia (JSI) memaparkan hasil survei untuk kandidat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gowa 2020, di Makassar, Rabu 4 Maret 2020. 

Hasil survei untuk tingkat pengenalan dan kesukaan atau popularitas menunjukan calon petahana Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menempati urutan teratas dengan hasil 99,2 persen.

Kemudian diurutan kedua ada calon petahana wakil bupati Gowa Abdul Rauf kr Kio dengan hasil 78,1 persen. Diurutan ketiga yaitu, Amir Uskara 64,5 persen, keempat Darmawangsyah Muin 42,3 persen. 

Sementara diurutan kelima, ada Andi Kumala Idjo 35,6 persen, Chairil Mun 22,5 persen, Ria Efendy 20,6 persen dan diurutan terkahir ada Kaharuddin Daeng Bombong 10,6 persen. Sisanya 7,8 persen menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab. 

“Pengumpulan data dilakukan 13-17 Februari 2020, sebanyak 800 responden yang tersebar di seluruh wilayah kabupaten Gowa,” kata Direktur Eksekutif JSI, Fajar S Tamin.

Sementara untuk tingkat dukungan kandidat Pilkada Gowa untuk enam calon, Adnan lagi lagi berada diurutan pertama dengan 78,6 persen, diurutan kedua ada Amir Uskara 8,8 persen, Darmawangsyah Muin 2,9 persen.

Keempat ada Ria Efendy 1,0 persen, kelima Chairil Muin 0,7 persen, dan keenam Kaharuddin 0,2 persen. 

“Sedangkan yang belum menentukan pilihan 6,1 persen dan tidak menjawab atau masih merahasiakan 1,7 persen,” paparnya. 

Sedangkan untuk tingkat kepuasan masyarakat Gowa ketika dipimpin oleh Adnan-Kio hasilnya 90,7 persen, sedangkan tidak puasa dan tidak menjawab 9,2 persen. 

“Itulah mengapa Adnan-Kio masih diinginkan memimpin Gowa, dari hasil survei menunjukkan 81,5 persen responden menginginkan kembali memimpin, 5,1 persen tidak menginginkan dan tidak menjawab 13,4 persen,” ujarnya.

Sementara itu, pengamat politik dari Universitas Indonesia Negeri (UIN) Makassar, Firdaus Muhammad menyebut wajar jika hasil survei tersebut posisi Adnan-Kio unggul jauh dari kandidat lain. 

Pasalnya selama 4 tahun terakhir, Adnan-Kio dinilai berhasil membangun Gowa. 

“Saya pernah berkunjung ke sejumlah desa-desa di Gowa, jalanannya itu semuanya dibeton,” ungkap Firdaus. 

Selain itu, lanjut Firdaus, gaya kepemimpinan Adnan Purichta sangat berbeda dimasa kepemimpinan bapaknya Almarhum Ichsan Yasin Limpo (IYL). 

Di masa kepemimpinan IYL, banyak mendapatkan penghargaan tetapi tidak menyentuh langsung masyarakat sebab IYL lebih fokus di bidang kesehatan dan pendidikan gratis. 

“Berbeda dengan Adnan yang lebih banyak mengarah ke infrastruktur yang bisa langsung menyentuh masyarakat, termasuk program Jumat Ibadah dan satu masjid satu hafiz,” pungkasnya.

Komentar

Rekomendasi

Berita Lainnya

Warga Gowa Diminta Beli Masker Buatan Penjahit Lokal

Siap Siaga, Pemkab Gowa Buka Posko Induk Penanganan Covid-19, ini Lokasinya

Ini Alasan Abdul Rahman Bando Terima Pinangan Appi

Ikuti Rakor Penanganan Covid-19 Kemendagri, Sekda: RS Yapika Bakal Dijadikan RS Rujukan di Gowa

Ditolak Warga Gowa, Pasien Corona Dikubur di Kompleks Pemakaman Pegawai Pemprov

Pemkab Gowa Siapkan Stok 10 Ton Beras untuk Warga Terdampak Corona

Pemkab Gowa Distribusi Sembako untuk Warganya yang OPD, PDP dan Positif Corona

Cegah Penyebaran Corona, Mobil Water Canon Polres Bulukumba Beraksi di Jalan

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar