Masuk

Presiden Inter-Parliamentary Union Sampaikan Belasungkawa atas Tragedi Kanjuruhan

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Presiden Inter-Parliamentary Union (IPU) Duarte Pacheco turut menyampaikan belasungkawa atas tragedi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, selepas pertandingan sepak bola Liga 1 yang mempertemukan Arema FC melawan Persebaya Surabaya pada Sabtu, 1 Oktober 2022 malam.

“Mewakili IPU, izinkan saya mengawali ini dengan menyampaikan turut berbelasungkawa atas Tragedi Kanjuruhan,” kata Pacheco saat mengawali sambutannya dalam Sidang The 8th G20 Parliamentary Speakers Summit (P20) di Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Jakarta dikutip dari ANTARA pada Kamis, 6 Oktober 2022.

Sidang P20 tersebut dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang juga akan menyampaikan sambutan kunci.

Baca Juga: Heboh, Pernyataan Jokowi Seputar Pemimpin Rambut Putih, Denny Siregar: Bukan Ganjar, Bapak Rambutnya Hitam

Pacheco mengatakan pertandingan sepak bola seharusnya menjadi ajang kegembiraan, tetapi dalam Tragedi Kanjuruhan menjelma jadi tragedi memilukan yang menewaskan lebih dari seratus orang, termasuk anak-anak.

Legislator asal Portugal itu meyakini segenap pihak harus bahu membahu untuk mencegah insiden semacam itu berulang di masa mendatang.

“Sekali lagi, dari hati yang terdalam kami turut berbelasungkawa. Ini tidak boleh terjadi lagi dalam ajang olahraga,” ujar Pacheco.

Baca Juga: Dewan Pers Minta Presiden Jokowi Tunda Pengesahan RKUHP

IPU menjadi organisasi internasional terkini yang memberikan perhatian terhadap Tragedi Kanjuruhan, yang tak hanya berasal dari dunia olahraga tetapi juga publik internasional pada umumnya.