Prodi Sosial Ekonomi Perikanan Unhas Gelar Program Kemitraan Masyarakat

Prodi Sosial Ekonomi Perikanan Unhas Gelar Program Kemitraan Masyarakat

Terkini.id,MakassarDosen Program Studi Sosial Ekonomi Perikanan menyelenggarakan program kemitraan masyarakat dengan mengusung tema “Kemandirian Kelompok Pengelola Ekowisata Mangrove Lantebung”.

Tim Pengabdian Program Studi Sosial Ekonomi Perikanan yang beranggotakan Firman, S.Pi, M.Si, Dr. St. fakhriyyah, Arie Syahruni Cangara, S.Pi, M.Si, Dr. Andi. Adri ini melakukan beberapa rangkaian kegiatan di kawasan Ekowisata Mangrove jalan Lantebung Kelurahan Bira Kota Makassar.

Salah satu dari tim Program Studi Sosial Ekonomi Perikanan Unhas, Arie Syahruni Cangara, S.Pi, M.Si, mengatakan program kemandirian kelompok ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan pada kawasan Ekowisata Mangrove.

“Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan pengetahuan dan keterampilan peserta. Kegiatan ini lebih menitiberatkan pada praktik daripada teori,” terangnya.

Lanjut Arie menyampaikan bahwa materi yang diberikan pada pengabdian tersebut tidak hanya sebatas penyuluhan tata kelola tetapi juga pada manajemen kelompok, serta strategi promosi secara online dengan pemanfaatan akun media sosial.

“Media Sosial saat ini memberikan peranan yang sangat besar untuk mempromosikan kawasan wisata yang ada ke seluruh kawasan Indonesia,” sambungnya.

Dijelaskan pula bahwa pengenalan manfaat ekosistem mangrove bagi ekosistem dan  masyarakat yang ada di area kawasan juga menjadi salah satu dalam rangkaian kegiatan pengabdian ini.

“Tahapan ini diharapkan agar masyarakat memahami arti penting dari keberadaan kawasan bagi peningkatan perekonomian,” tuturnya.

Setelah pengenalan manfaat selanjutnya dilanjutkan dengan materi manajemen tata kelola daerah ekowisata mangrove.

“Manajemen tata kelola keuangan kawasan wisata juga menjadi salah satu materi pada pelatihan yang dilaksanakan,” pungkas Arie.

Ditambahkan Arie, bagian akhir dari rangkaian kegiatan pengabdian ini dengan dilakukan pelatihan pembuatan akun media sosial dan bagaimana pengelolaan akun tersebut.

“Pemanfaatan media sosial sebagai ujung tombak usaha promosi kawasan wisata diharapkan mampu untuk meningkatkan jumlah pengunjung yang akan memeberikan efek domino bagi peningkatan perekonomian masyarakat lokal,” tutupnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini