Inkubator Bisnis Unhas Kembali Gelar HEI FEST 2019, Gandeng Bukalapak

Terkini.id, Makassar – Inkubator Unit Pengembangan Kewirausahaan dan Bisnis Universitas Hasanuddin akan kembali menggelar event Hasanuddin Entrepreneur and Innovator Festival (HEI Fest) Tahun 2019.

Event ini sejalan dengan Nawacita dan fokus Pemerintah untuk mendukung pertumbuhan startup dan melakukan transformasi perekonomian negara dari ekonomi berbasis resource based economy menjadi ekonomi berbasis knowledge.

HEI Fest merupakan salah satu program unggulan Inkubator Unit Pengembangan Kewirausahaan dan Bisnis Universitas Hasanuddin (Inkubator UPKB)yang bertujuan untuk memperkenalkan produk-produk inovasi kampus yang berbasis riset dan teknologi.

Di sisi lain, HEI Fest juga mendukung Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk mengeksplore potensi dari produk masyarakat dengan menyediakan sarana pameran produk.

Kegiatan “HEIFEST 2019” sendiri berlangsung pada 16-18 September 2019, di pelataran Area Sport Art Center Unhas, Jl Perintis Kemerdekaan KM 10, Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Serangkaian acara menjadi agenda tak terpisahkan dari “HEI Fest 2019” di antaranya exhibition (pameran), seminar wirausaha, klinik bisnis, Marketing Challenges dan Instagram Challenges yang tentunya memberikan edukasi kepada mahasiswa dan masyarakat umum.

“Targetnya, mereka dapat menambah pengetahuan khususnya yang ingin menggeluti dunia wirausaha,” jelas rilis resmi yang diterima terkini.id, Kamis 19 September 2019.

Pameran kali ini menghadirkan 25 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Sulsel.

Adapun produk yang dihadirkan yakni dibidang kuliner, kerajinan tangan, IT, serta produk inovasi lainnya.

Gandeng Bukalapak

Ada yang berbeda dari pelaksanaan “HEI FEST Tahun2019” ini karena pada pelaksanaan Seminar Wirausaha ikut menggandeng Bukalapak, salah satu Unicorn Indonesia yang bergerak di bidang teknologi jual beli barang secara online (e-Commerce) yang telah sukses membina lebih dari 6.000.000 (enam juta) jumlah penjual/pelapak, dan ada lebih dari 5.000 (lima ribu) komunitas yang diberdayakan di lebih dari 140 Kabupaten/Kota di Indonesia.

Acara ini dikemas dalam kegiatan bertajuk “Belajar Ngelapak Bareng Bukalapak goes to Universitas Hasanuddin”yang diselenggarakan Selasa 17 September 2019.

Seminar ini menghadirkan pembicara dari Bukalapak di antaranya Ayudhia (Community Development Design Bukalapak) dan Firdaus Panderaja (Senior Manager of Investment Bukalapak).

Dr Ir Mardiana E. Fachry, M.Si (Ketua Inkubator UPKB Unhas) menyebutkan kegiatan HEI Fest ini dilakukan inkubator sebagai upaya mendukung dan mengembangkan iklim wirausaha dalam kampus.

Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Kemitraan Universitas Hasanuddin, Prof. dr. Muh. Nasrum Massi Ph.D dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi atas pelaksanaan kegiatan seperti ini.

Nasrum juga berharap kegiatan ini akan menjadi starting pointuntuk melakukan hilirisasi Produk-produk inovasi dosen dan mahasiswa yang saat ini kebanyakan berakhir sebagai laporan penelitian menjadi suatu produk yang dapat dijual dan dilakukan produksi skala besar (mass production)dan dapat menyelesaikan masalah dimasyarakat dan sejalan dengan visi unhas menjadi #Entrepreneuruniversity dan juga #Humaniversity

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Kampus

Yuk, Nantikan Semarak BODY 2019 di Kampus UNM

Terkini.id,Makassar -  Biology Open Day (BODY) kembali dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA UNM pada 13 hingga 17 November 2019 mendatang.Kegiatan ini mengusung
Kampus

LKIM-PENA Unismuh Kembali Gelar PIKIR 2019

Terkini.id, Makassar - Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Kreativitas Ilmiah Mahasiswa Penelitian dan Penalaran (LKIM-PENA) Universitas Muhammadiyah Makassar kembali menyelenggarakan Pekan Ilmiah dan Kreativitas Remaja