Makassar Terkini
Masuk

Prof Idrus Paturusi Lantik Pengurus Ikatan Alumni Perikanan Unhas Periode 2021-2025

Terkini.id, Makassar – Pelantikan pengurus Ikatan Alumni Perikanan Unhas periode 2021-2025 digelar di Pulau Camba-Cambang Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan.

Pelantikan sekaligus rapat kerja Alumni Perikanan mengangkat tema “Sinergi Alumni untuk Kedaulatan Pangan”. 

Tema ini diangkat sebagai wujud komitmen pengurus IKA Perikanan Unhas. Untuk bersinergi membangun seluruh potensi sumberdaya perikanan Indonesia. Dalam mewujudkan kedaulatan pangan. 

Ketua Umum IKA Perikanan Unhas Muhammad Yusran Lalogau berharap pengurus IKA Perikanan Unhas yang sudah dilantik bisa berkontribusi nyata. Untuk bisa bersinergi membangun industri perikanan Indonesia.

“Program kerja harus berguna bagi masyarakat,” ungkap Yusran yang saat ini menjabat sebagai Bupati Pangkep, Minggu 13 Februari 2021.

Yusran juga berharap alumni yang berkiprah sebagai pengusaha, akademisi, atau bekerja di pemerintahan bisa berkolaborasi. Mengoptimalkan semua potensi alumni. Membangun organisasi. Sehingga berguna bagi masyarakat banyak.

Jumlah pengurus IKA Perikanan Unhas periode 2021-2025 yang dilantik sebanyak 35 orang. Dihadiri langsung oleh Ketua Harian IKA Unhas prof dr Idrus Paturusi.

Ketua panitia Indar Wijaya mengatakan acara pelantikan dan rapat kerja berlangsung selama 2 hari. Pengurus yang hadir datang dari berbagai daerah. Merupakan alumni Perikanan Unhas.

“Ada dari Kalimantan, Jakarta, dan daerah di Sulsel. Dengan berbagai macam profesi,” ungkap Indar.

Prof Idrus Paturusi berharap keberadaan IKA Perikanan Unhas bisa mendukung kemajuan sektor perikanan. Seperti marine station Unhas di Pulau Barang Lompo dan tambak pendidikan di Kabupaten Barru. Agar ada kolaborasi dengan IKA Perikanan.

“Rektor terpilih sekarang dari prof perikanan. Ini peluang untuk senergi antara IKA Perikanan dan kampus,” kata Idrus Paturusi.

Idrus Paturusi juga berharap IKA Perikanan Unhas bisa mensuksekan Mubes IKA Unhas pada bulan maret nanti.

Kegiatan digelar dengan menerapkan protokol kesehatan. Dilakukan secara hybrid. Untuk peserta yang berhalangan hadir di pulau disediakan ruang virtual oleh panitia. 

Program Kerja

Pengurus IKA Perikanan membahas banyak program kerja selama lima tahun ke depan. Setiap bidang memaparkan kegiatan dan target yang akan dicapai selama lima tahun ke depan.

Beberapa program yang diusulkan antara lain pendidikan dan latihan selam, asesor kompetensi bidang perikanan, program profesi insinyur perikanan, pelatihan kewirausahaan, temu alumni pengusaha perikanan, dan pendampingan nelayan.

Selain itu ada juga tawaran untuk membangun ekosistem digital khusus dunia perikanan. Dengan harapan dunia perikanan makin mudah diakses dan dirasakan manfaatnya untuk masyarakat.

Usai pelantikan dan pembahasan program kerja, peserta merasakan indahnya suasana malam Pulau Camba-Cambang. Sambil menikmati menu khas pulau: ikan bakar.