Masuk

PSSI Beberkan Alasan JIS Belum Layak Menggelar FIFA Matchday antara Indonesia vs Curacao

Komentar

Terkini.id, Jakarta –  PSSI membeberkan alasan mengapa JIS atau Jakarta International Stadium belum layak untuk menggelar pertandingan FIFA matchday antara Timnas Indonesia dan Curacao.  

Usai Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia melakukan uji kelayakan, JIS dianggap belum layak untuk menggelar FIFA matchday, sehingga hal tersebutlah JIS belum layak dan laga FIFA matchday ini akan di gelar di GBLA.

“Laga antara timnas Indonesia dan Curacao dalam FIFA matchday sedianya akan digelar di Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada 24 September 2022, Jawa Barat, dan direncanakan di Jakarta International Stadium (JIS) pada 27 September 2022,” tulis keterangan resmi PSSI.

Baca Juga: Resmi! Erick Thohir Ajukan Diri Sebagai Bakal Calon Ketua Umum PSSI

“Namun, setelah PSSI melakukan uji kelayakan, JIS dianggap belum layak untuk menggelar FIFA matchday. Akan tetapi, untuk laga pertama 24 September 2022 dipastikan tetap dilangsungkan di GBLA,” lanjut keterangan PSSI.

“Sehingga untuk menggelar sebuah pertandingan FIFA Match Day yang mengundang animo penonton sangat banyak maka  perlu dilakukan simulasi terkait jumlah penonton mulai dari 25% – 50% – 75% – 100% dari perhitungan maximum safety capacity,” Ucap Sekjen PSSI Yunus Nusi dikutip dari laman PSSI, Jumat 9 September 2022.

Yunus melanjutkan bahwa, di balik kemegahan JIS dengan daya tampung 80 ribu kursi tetapi untuk urusan parkir, hanya bisa menampung skitar 800 unit kendaraan roda empat dan itu dinilai sangat beresiko. 

Baca Juga: Gagal di Piala AFF 2022, Bagaimana Nasib Timnas Indonesia Sekarang?

Yunus juga menyatakan bahwa untuk masuk ke stadion JIS hanya tersedia satu pintu sehingga dikhawatirkan jika bersamaan keluar akan membutuhkan waktu yang agak lama.

”Di samping itu terkait dengan plafon yang rendah karena bus tidak bisa masuk, bisa jadi bus tim tamu dan tim tuan rumah berhentinya di area umum, tidak di area sebagaimana mestinya yang sudah diatur. Nah kalau kita paksakan pasti akan menjadi catalan FIFA,” kata Yunus.

Selain kendala tersebut, Yunus juga mengungkapkan kendala lainnya yakni biaya sewa stadion yang tinggi. 

Sementara itu, PSSI saat ini masih dalam taraf negosiasi dengan beberapa stadion untuk pertandingan kedua 27 September 2022, di antaranya Stadion Pakansari, Bogor, dan Stadion Patriot, Bekasi.