Puan-Ganjar Disebut Akan Maju Pilpres, Hensat: ini Menjadi Sinyal untuk Parpol Lain yang Ingin Meminang Kader PDIP

Terkini.id, Jakarta – Partai PDIP diketahui akan mengajukan dua nama kadernya untuk maju di Pilpres 2024 mendatang. Ke dua nama tersebut yakni Puan Maharani dan Ganjar Pranowo. Informasi ini disampaikan oleh politikus senior PDIP, Panda Nababan.

Menanggapi permasalahan PDIP mengusulkan Puan Maharani dan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024, Hendri Satrio selaku pendiri Lembaga Survey KedaiKOPI mengatakan bahwa ini menjadi sebuah sinyal untuk Partai Politik lainnya yang ingin meminang salah satu diantara nama itu.

Hendri Satrio atau akrab disapa Hensat ini mengungkapkan pendapatnya bahwa Ganjar akan dipertahankan oleh PDIP untuk Pilpres 2024.

Baca Juga: Didorong Duet dengan Anies Baswedan, Netizen: Ganjar Pasti Menolak, Tak...

Lebih lanjut, Hensat berpendapat bahwa tidak ada salahnya jika PDIP mengusung dua nama kader, namun PDIP dinilai harus memutuskan siapa yang akan diusung diantara kedua nama tersebut.

“Menurut saya hal ini menjadi sinyal bagi partai politik lain yang ingin meminang Ganjar, bahwa ada warning dari PDI Perjuangan bahwa Ganjar akan dipertahankan di PDI Perjuangan”, kata Hensat, dikutip dari laman Detik.com, Sabtu 28 Mei 2022.

Baca Juga: Soroti Usulan Capres Partai Nasdem, Refly Harun: Khas Politik Pragmatis,...

“Nggak apa-apa juga karena PDI Perjuangan kan bisa sendiri, jadi artinya mereka bisa putuskan tuh di internal partai Puan atau Ganjar,” tuturnya.

Ia juga menilai tidak akan ada masalah bila Puan atau Ganjar diajukan sebagai capres dari PDIP. Menurutnya masalah justru akan muncul bila nantinya Ganjar diusung oleh parpol lain.

“Nggak ada masalah selama majunya dari PDI Perjuangan. Kalau majunya dari partai lain ya jadi masalah,” kata Hensat.

Baca Juga: Soroti Usulan Capres Partai Nasdem, Refly Harun: Khas Politik Pragmatis,...

“Ini kan yang pasti dari PDI Perjuangan kan mba Puan, pak Ganjar misal dari KIB, koalisinya Golkar PAN dan PPP, nah itu baru jadi masalah, Ganjarnya akan ditinggal dari pendukung PDI Perjuangan. Ganjar juga musti inget dia jadi Gubernur Jawa Tengah itu bukan karena Ganjar sendiri, itu karena PDI Perjuangan. Jawa Tengah itu kan kandangnya PDI Perjuangan jadi bukan Ganjar aja,” sambungnya.

Sebelumnya, politikus senior PDIP, Panda Nababan, bicara soal bakal calon presiden 2024. Dia mengatakan cuma PDIP yang berani mengajukan dua nama bakal capres.

“Partai di Republik ini yang berani mengajukan dua kandidat calon hanya PDIP Perjuangan. Golkar berani di luar Airlangga? Gerindra berani di luar Prabowo?” ujar Panda.

“Kita ada dua, Puan Maharani sama Ganjar,” jelas Panda.

Panda mengatakan hal ini merupakan realita. Pasalnya, dua sosok itu kini marak dibicarakan masyarakat hingga kerap masuk survei.

“PDIP ini partai demokrasi. Yang muncul di permukaan kan dua (sosok), yang (sering) dibicarakan dua (sosok). Ini fakta,” ujar Panda.

Meski begitu, kewenangan penunjukan capres ada di tangan Megawati Soekarnoputri selaku Ketum PDIP.

Bagikan