Puluhan Perawat di RS Kariadi Positif Corona, Gegara Pasien Tidak Jujur

Terkini.id, Jakarta – Kantor Staf Kepresidenan (KSP) mengingatkan lagi tentang pentingnya kejujuran saat diperiksa oleh petugas kesehatan.

 

KSP mengungkapkan, puluhan perawat RS Kariadi positif virus Corona karena pasien tidak jujur. KSP menilai salah satu kunci pencegahan virus ini adalah dengan bersikap jujur kepada tenaga medis.

Baca Juga: Terkait Pemalsuan SUKET, GMNI Soppeng Angkat Bicara

 

“Pokoknya ada tiga hal yang menjadi kunci pencegahan penularan virus ini, pertama kedisiplinan masyarakat, disiplin jaga jarak, cuci tangan pakai sabun, jangan berkerumun, dan protokol lainnya yang dapat mencegah penularan,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Deputi IV KSP Bidang Komunikasi Politik dan Informasi Juri Ardiantoro seperti dikutip dari detikcom, Minggu 19 April 2020.

Baca Juga: Kemenpora dan Polri Pastikan Gelaran Piala Menpora Terapkan Protokol Kesehatan...

 

Selain disiplin, dia menyebut penularan kepada orang lain khususnya tenaga medis juga dapat dibendung dengan bersikap jujur. Menurutnya pasien harus jujur terkait kondisi fisik hingga tracking pergerakan pasien sebelum sakit.

 

Baca Juga: Pendiri Demokrat Sebut Jhoni Allen Lebih Ganas dari Corona: Dia...

“Orang harus jujur, apalagi ketika ketemu dokter, apakah ada gejala? Apakah punya riwayat perjalanan ke luar negeri atau dari daerah epicentrum atau zona merah? Apakah pernah berhubungan dengan orang yang sudah positif terinfeksi? Supaya bisa dipastikan penanganan dan tracking kepada orang-orang lainnya,” ucapnya.

1 2
Selanjutnya
Sponsored by adnow
Bagikan