Puslatmas Selenggarakan Pelatihan Teknis Krida Bagi Instruktur Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti se-Sumapapua

Terkini.id, Makassar-Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia melalui Pusat Pelatihan Masyarakat dan Pengembangan Generasi Lingkungan (Puslatmas & PGL) menyelenggarakan Pelatihan Teknis Krida Bagi Instuktur Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti se-Regional Sulawesi Maluku dan se-Regional Papua di Balai Diklat Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Makassar.

Pelatihan ini resmi dibuka oleh Kepala Puslatmas & PGL Cicilia Sulastri, S.H., M.Si. Hadir dalam acara pembukaan Kak Pramu Risanto, MM yang juga biasa dipanggil Kak Ipam Tenaga Ahli Menteri LHK Bidang Pengembangan Generasi Muda dan Pramuka dan Kepala Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan Ir. Thomas Nifinluri, M.Sc.

Dalam sambutannya Kepala Puslatmas & PGL menyatakan bahwa, “Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas para Instruktur Saka Wanabakti dan Saka Kalpataru dalam membina dan mengembangkan kegiatan anggota pramuka penegak dan pandega di daerah masing-masing,”

Para Instruktur merupakan garda terdepan dalam menyampaikan pesan-pesan pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan bagi anggotanya, “semoga tidak pernah lelah dan bosan dalam melakukan kegiatan pembelajaran krida kesakaaan bagi adik-adik,” tukas Cicilia

Kegiatan pelatihan ini berlangsung selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 8 sampai dengan 10 Oktober 2019. Target peserta kegiatan ini adalah 60 orang terdiri dari Instruktur Saka Wanabakti dan Instruktur Saka Kalpataru.

Sementara itu, narasumber kegiatan ini antara lain Kepala Puslatmas & PGL, Tenaga Ahli Menteri LHK, Kepala Balai Diklat LHK Makassar Dr. Edy H. Sulistyo, S.Hut., M.Si, Sekretaris Kwartir Daerah Sulawesi Selatan Dr. Rahmansyah, M.Si dan para Fasilitator handal antara lain Kak Anis Ilahi dan Kak Akong Sumantri.

“kegiatan banyak diminati oleh para Instruktur namun sumber dayalah yang membatasinya. Peserta sangat antusias untuk mengikuti segala materi yang diberikan,” ungkap Linda Sibarani.

Sementara seorang peserta dari P3E Sulawesi dan Maluku Mustari Tepu, S.Hut., M.Sc mengatakan sangat senang dapat mengikuti kegiatan ini. Sebagai seorang Insruktur, kegiatan ini wajib diikuti.

“kegiatan akan sangat bermanfaat bagi seorang Insruktur dalam mengembangkan teknik pembelajaran bagi para anggota Pramuka Penegak Pandega di daerahnya,” Pungkas Mustari.

Berita Terkait