Rakor Balitbang, Fokus Sinkronisasikan Program Kerja Maksimal

Pemerintah kota Palopo, Pemerintah Provinsi badan litbang Kementrian/ lembaga. Menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) yang dilaksanakan di Aula Kantor Bapedda Kota Palopo, Selasa 18 juni 2019.

Terkini.id, Palopo – Pemerintah kota Palopo, Pemerintah Provinsi  badan litbang Kementrian/ lembaga. Menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) yang dilaksanakan di Aula Kantor Bapedda Kota Palopo, Selasa 18 juni 2019.

Pada rakor tersebut focus membahas terkait singkronisasi kegiatan Penelitian dan pengembangan program kerja baik provinsi maupun daerah yang berkaitan dengan badan litbang kementrian/ lembaga.

Pada kesemoatan itu, Asisten II Bidang Ekonomi & Pembangunan, Taufiq. M. Kes  mengapresiasi atas kegiatan tersebut karen menurutnya sangat dibutuhkan guna mensinergikan antara daerah, provinsi dan pemerintah pusat.

“Hal in sehalan dengan harapan Walikota Palopo yang sering mengingatkan agar setiap PD harus bersinergi dengan pemerintah provinsi/ pusat, dan semoga hal ini dapat awal untuk pelaksanaan kegiatan selanjutnya,” ungkap Taufiq.

Taufiq juga berharap, hasil dari rakor tersebut dapat  menghasilkan sesuatu yang terbaik khususnya terkait rencana pembangunan kota Palopo kedepan, agar terwujud  kegiatan penelitian dan pengembangan di kota Palopo

Lanjutnya, peran penelitian dan pengembangan dalam mendukung suksesnya program prioritas pembangunan di kota Palopo akan bermanfaat meningkatkan daya saing kota Palopo yang akan peningkatan ekonomi masyarakat.

“Harapan kami semoga pertemuan hari ini bisa menghasilkan perencanaan yang matang dan strategis atas kajian program kerja khususnya yang berhubungan dengan visi misi walikota,” harapnya.

Taufiq, juga memoertegas kakau balitbangda adalah garda terdepan terkait penerapan visi dan misi kota palopo dimana hal tersebut akan sangat dibutuhkan sinergi untuk percepatan pembangunan yang sejalan.

Sementara itu,  kepala Balitbangda kota Palopo, Ilham Taher mengungkapkan untuk percepatan pembangunan, bukan hanya berharap dari pemerintah pusat ke pemerintah daerah tapi juga sebaliknya.

“Itulah sehingga peran stakholder sangat penting untuk mengsinergikan program yang ada, tidak hanya berharap dari pemerintah pusat saja.,” jelas Ilham.

Yang menjadi kedala saat ini lanjut Ilham adalah adanya beberapa riset inovatif yang diharapkan dapat mendorong daya saing daerah, namun pada implementasi, kebijakan yang menyertainya terkadang tidak selaras.

“Seperri  program Nawacita dari bapak Presiden Joko Widodo nyatanya, ekosistem riset berkualitas dan riset yang dimanfaatkan dari PT untuk dunia usaha dan industri masih jauh dari harapan,” terangnya.

Namun lanjut Ilham, penelitian dan Pengembangan dapat dilakukan melalui kerja sama antara Kementrian/ Lembaga pemerintah non Kementrian, antar pemerintah daerah ( kab/kota/provinsi/pusat), atau dengan perguruan tinggi serta lembaga penelitian dan pengembangan lainya.

Rakor kali ini turut di hadiri Kabid Ekosisbud Balitbangda Provinsi Sulsel, Ir. Rajendra,  serta Kepala Bapedda Kota Palopo, Firmanza DP, dan para pimpinan perangkat daerah kota Palopo.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Palopo

KKS Kabupaten Bone Kagumi UPTD dan TPA Mancani.

Terkini.id. Palopo - Setelah menghadiri penyambutan diruang Pola Kantor Walikota Palopo, Rombongan Kabupaten Kota Sehat (KKS) Kabupaten Bone melakukan kunjungan di beberapa tempat sekairan