Makassar Terkini
Masuk

Ramos Horta Sebut Indonesia Negara Paling Toleran, Cholil Nafis: Menikmati Pujian Orang di Tengah Radikal Ekstrimis

Terkini.id, Jakarta– Ketua MUI Pusat Bidang Dakwah dan Ukhuwah, Cholil Nafis, memberikan tanggapan soal pernyataan Presiden Timor Leste, Jose Ramos Horta, yang menyebutkan Indonesia merupakan negara paling toleran.

Cuitan Twitter Cholil Nafis (Screenshot @cholilnafis)

“Menikmati pujian orang lain di tengah dinamika klaim ribuan radikal ekstrimis di Indonesia yg menyusup semua lini,” Dalam cuitan di Twitter miliknya @cholilnafis, Jumat 22 Juli 2022

Dilansir kompas.com. Presiden Ramos Horta menyatakan Indonesia merupakan negara dengan  mayoritas muslim paling toleran di dunia.

“Saya mau katakan Indonesia adalah negara dengan mayoritas muslim paling toleran di dunia,” katanya dalam program Rosi yang ditayangkan Kamis 21 Juli 2022.

Menurutnya, Indonesia merupakan salah satu contoh baik dalam bertoleran dibandingkan dengan negara Eropa dan AS.

“Saya katakan, bukan hanya paling toleran di antara sesama negara muslim, bahkan jika dibandingkan dengan negara-negara Eropa dan AS, sehingga Indonesia adalah salah satu contoh yang baik untuk toleransi dalam keberagama,” terangnya.

Ia pun menuturkan Indonesia memiliki 500 bahasa daerah dan berhasil menjadikan Bahasa Indonesia sebagai bahasa utama.

“Anda memiliki 500 bahasa daerah dan kalian berhasil menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa utama oleh berbagai grup etnis. Jadi ini adalah kesuksesan persatuan nasional,” kata dia.

Tidak hanya itu saja, Presiden Ramos Horta mengungkapkan Indonesia juga menjadi negara dengan memiliki pelajar luar negeri yang kembali paling banyak ke dalam negeri.

“Setelah lulus, setelah studi di US dan lainnya, lebih dari 95 persen pelajarnya kembali ke Indonesia. Itu memperlihatkan besarnya rasa cinta pada negaranya,” ujarnya.