Refarming Frekuensi 2,3 GHz, Jaringan Telkomsel 5G Ngebut Parah

Terkini.id, Jakarta – Memanfaatkan tambahan spektrum pada pita frekuensi 2,3 GHz, Telkomsel siap manjakan pelanggan internet dengan kecepatannya yang makin ngebut pada jaringan 5G.

Jaringan 5G yang belum lama dikenal di publik, telkomsel melakukan refarming frekuensi 2,3 GHz yang dilaksanakan mulai 14 Juli hingga 28 September lalu. Perubahan frekuensi 15.577 BTS dilakukan secara bertahap dari sembilan kluster di berbagai daerah di Indonesia.

Dikutip dari Detik, dengan dilakukannya penataan ulang frekuensi, maka lebar pita Telkomsel di frekuensi 2, 3 GHz kini menjadi 50 MHz. Hal ini lebih cepat dari 20 MHz sebelumnya yang didapat dari hasil lelang frekuensi yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Baca Juga: Amson Padolo Tekankan Perlunya Tata Kelola Data Pemerintah Terintegrasi

Manager Stategy dan Content Development Telkomsel mengatakan jika tambahan frekuensi 2, 3 GHz akan dimaksimalkan untuk penggunaan 4G saat ini, di sisi lain penambahan kualitas layanan dan kapasitanya juga dilakukan secara bertahap.

“Pengembangan berikutnya 5G juga akan ditambah kapasitasnya karena spektrum ini lebih rapi dengan adanya refarming tersebut” Sambung
Manager Strategy dan Content Development Telkomsel.

Baca Juga: Sebut Konten Tak Mendidik, Politisi PKS Minta Kominfo Hapus Video...

Telkomsel akan melakukan pertimbangan ke depannya secara bertahap untuk memperluas jaringan 5G di Indonesia, mengingat kurangnya aspek yang dilalui seperti bisnis dan kematangan ekosistem membuat Telkomsel mempertimbangkan hal tersebut.

Dijelaskan oleh Manager Strategy dan Content Development Telkomsel, “refarming ini akan lebih cepat lagi karena kapasitasnya yang lebih besar. 5G saat ini masih berbarengan dengan 4G namun hal ini membuat alokasi 5G lebih cepat dengan tambahan spektrum tersebut.”

Melansir dari laman Teknologi bisnis, Kemenkominfo Johnny G. Plate mengatakan jika rampungnya penataan ulang pita 2,3 GHz membuat frekuensi radio untuk layanan seluler Indonesia lebih optimal, kualitas layanan yang diberikan pada masyarakat akan terus dipertahankan pada level terbaik.Tidak hanya untuk layanan 4G namun 5G juga sama.

Baca Juga: Sebut Konten Tak Mendidik, Politisi PKS Minta Kominfo Hapus Video...

 

 

referensi : https://inet.detik.com/telecommunication/d-5747458/usai-refarming-frekuensi-23-ghz-bikin-5g-telkomsel-gaspol

https://teknologi.bisnis.com/read/20210930/101/1448661/menkominfo-refarming-23-ghz-tingkatkan-kualitas-4g-dan-5g

Bagikan