Rekapitulasi KPU Gowa Rampung, Adnan-Kio Raih 91,22 Persen

Terkini.id — Rekapitulasi perhitungan suara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gowa, telah rampung, Rabu 16 Desember 2020.

Pasangan Adnan Purichta Ichsan-Abdul Rauf Malaganni Karaeng Kio (Adnan-Kio) meraih suara 91,22 persen, sedangkan partisipasi pemilih mencapai 79,17 persen.

Hal itu membuat pasangan Adnan-Kio meraih dua rekor baru Pilkada di Sulsel. Yakni rekor perolehan suara tertinggi dan tingkat partisipasi pemilih. 

Baca Juga: Adnan-Kio Ikuti Geladi Bersih Jelang Pelantikan Kepala Daerah di Rujab...

Berdasarkan hasil pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara oleh KPU Gowa pasangan Adnan-Kio berhasil meraih suara terbanyak sepanjang perhelatan Pilkada langsung di Sulsel dan tingkat partisipasi pemilih tertinggi di pilkada serentak 2020 se-Sulsel.

Adnan-Kio meraih perolehan 377.463 suara atau 91,22 persen sedangkan kolom kosong sebesar 36.325 suara atau 8,78 persen. Adapun suara sah tercatat 413.788 sedangkan suara tidak sah 5.816.

Baca Juga: Seabrek Penghargaan Adnan-Kio di Periode Pertama Memimpin Gowa, Apa Saja?

“Berdasarkan hasil akhir rekapitulasi penghitungan suara tingkat KPU Gowa pada 18 kecamatan, pasangan Adnan Purichta Ichsan dan Abdul Rauf Malaganni Karaeng Kio meraih suara secara signifikan di 18 kecamatan dengan total perolehan sebanyak 377.463 suara dengan persentase 91,22 persen,” ucap Ketua KPU Gowa, Muhtar Muis saat memimpin rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara.

Sebagai pendulang suara tertinggi, Adnan Purichta Ichsan mematahkan rekor kemenangan Nurdin Abdullah saat memenangi Pilkada Bantaeng 2013 lalu. Kala itu, Nurdin yang maju di periode keduanya bersama M Yasin meraih kemenangan sebanyak 82,58 persen atau 76.660 suara.

Untuk partisipasi pemilih, warga Kabupaten Gowa yang datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) menyalurkan hak suaranya tercatat paling tinggi di 12 pilkada serentak se Sulsel tahun ini.

Baca Juga: Seabrek Penghargaan Adnan-Kio di Periode Pertama Memimpin Gowa, Apa Saja?

Yakni menembus angka 79,17 persen. Angka ini melampaui target KPU sebesar 77,5 persen yang berlaku secara nasional, terlebih di tengah pandemi Covid-19.

“Ini berkat kerjasama seluruh pihak antara pemerintah, Forkopimda, KPU dan Bawaslu serta beberapa pihak lainnya yang ikut menyukseskan Pilkada. Baru kali ini partisipasi pemilih kita di atas 70 persen. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 dimana banyak masyarakat yang khawatir akan penularan Covid-19 ditambah dengan calon tunggal,” kata Adnan Purichta Ichsan baru-baru ini. 

Bagikan